Mohon tunggu...
silvester alvin basundara
silvester alvin basundara Mohon Tunggu... Komunikasi UAJY

UAJY 2018

Selanjutnya

Tutup

Digital

Kupas Tuntas SEO dan SEM

25 September 2020   15:42 Diperbarui: 25 September 2020   15:55 110 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kupas Tuntas SEO dan SEM
sumber: https://www.murdockcruz.com

Pesatnya perkembangan teknologi, berdampak pada ketatnya persaingan bisnis, akibatnya teknologi menjadi sarana pemasaran untuk mempertahankan suatu bisnis, salah satunya penggunaan internet sebagai sarana promosi atu iklan.

Biasanya sarana internet sebagai media promosi dan iklan menggunakan apa itu yang disebut SEM serta SEO, meskipun tak seutuhnya kedua istilah tersebut murni melakukan promosi atau iklan suatu produk, baik dalam bentuk barang dan jasa.

SEO misalnya, lebih sering digunakan dalam kaitannya menaikkan traffic pada sebuah laman atau website.

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) memang belum begitu sering kita dengar, sehingga kedua istilah tersebut masih kabur bahkan disamakan.

Bagi para pelaku bisnis di bidang digital, keduanya bukan hal yang asing lagi di telinga.

Mari kita simak mengenai SEO dan SEM berikut ini!

SEO

Merupakan sebuah proses optimasi terhadap website dengan tujuan mencapai atau menduduki peringkat atau posisi tertinggi pada mesin pencari, dapat dilakukan dengan memaksimalkan aspek -- aspek dalam sebuah website, seperti: konten, sistem dan lainnya.

SEO adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan traffic yang tinggi serta banyak pengunjung terlebih terhadap pelanggan yang potensial.

Pada dasarnya SEO hanya bermodalkan kata kunci agar sebuah website dapat dijangkau pada mesin pencari, meskipun terdapat cara lain selain penggunaan kata kunci. (www.jurnal.id)

Cara Kerja Mesin Pencari

Menurut (www.jagoanhosting.com), mesin pencari seperti Google memiliki dua parameter yang menjadi patokan bagaimana cara kerja mesin pencari, Google memiliki semacam mekanisme mesin bernama crawler, kerjanya untuk menggali sesuai dengan request dari pembaca dan calon konsumen. Kedua parameter tersebut adalah:

  • Situs -- konten dan infrastruktur situs web
  • Offsite -- bagaimana situs web dirujuk dari sumber online lainnya

Teknik & Strategi SEO

  • Penggunaan nama domain

Gunakan nama domain yang dapat meningkatkan di mesin pencari, yaitu: sederhana, pendek, tidak ada tanda hubung dan tidak ada angka.

  • Strategi penautan

Kualitas link masuk sangat penting, maka dari itu kelola konten pada web.

  • Kata kunci

Kata kunci adalah kata-kata yang paling utama muncul dalam halaman, jangan gunakan kata-kata umum misalnya 'the' 'dan' 'of, karena sudah terlalu banyak, selain itu laba - laba mesin pencari juga akan mengabaikannya

  • Tag judul

Pilih kata kunci yang tepat yang akan digunakan pada sebuah halaman, selain itu setiap halaman gunakanlah judul yang berbeda. Contoh: Ebay

http://www.ebay.com/ (judul dipenuhi dengan kata kunci)

  • Meta deskripsi tag

Di tampilkan dibawah halam judul pada sebuah pencarian, guanakanlah bahasa yang dinamis dan ajakan atau promosi serta persuasi.

  • Alt tag 

Termasuk kata kunci dalam tag alt.

  • Kirim situs web ke SEs untuk pengindeksan

Berguna agar web mudah di optimasi, biasanya membutuhkan waktu satu minggu hingga tiga bulan. (Tay, Siang. 2004)

SEM

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN