Mohon tunggu...
Bang SB
Bang SB Mohon Tunggu...

Bang SB dimasa kanak kanaknya kerap jualan bakwan, menulis untuk diri sendiri, pernah jadi supir angkot nasib baik memberinya rezeki hingga mampu beli android

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sumpah Pemuda Bernama Jessica

28 Oktober 2016   16:03 Diperbarui: 28 Oktober 2016   16:25 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hari ini, 28 Oktober 2016 dihari jumat yand cerah, seluruh pemuda bersatu padu, berbaris teratur dengan pakaian kebesaran organisasinya menghadiri sebuah acara akbar, memperingati 88 tahun sumpah pemuda yang dicetuskan pemuda pemuda Indonesia pada tahun 1928. Sumpah Pemuda 1928 adalah tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dengan sumpah pemuda yang menyatukan tekad pemuda bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia yang diikrarkan dalam Kongres Pemuda yang dipelopori oleh Jong Java, Jong Sumatera, Jong Ambon, Betawi dan banyak komponen pemuda lain dari seluruh nusantara.

Kebulatan tekad pemuda ini, mungkin hanya kebetulan ketika seorang pemuda Indonesia sedang memperjuangkan kemerdekaannya yang bernama Jessica Kumala Wongso. Jessica pun demi kemerdekaannya menyatakan sumpahnya ketika mengajukan pledoi. Dalam pledoinya, Jessica bersumpah. Saya bersumpah bahwa saya bukanlah seorang pembunuh. Mungkin Jessica juga sudah kehabisan cara untuk menyakinkan majelis hakim dan publik bahwa dia bukanlah pembunuh mirna. Sehingga hanya melalui sumpahlah dia berusaha menyakinkan dirinya, keluarganya, majelis hakim dan mungkin kita semua bahwa dia bukanlah pembunuh mirna. 

Kamus Besar Bahasa Indonesia menyatakan, Sumpah adalah Pernyataan yang diucapkan secara resmi dengan bersaksi kepada Allah SWT untuk menguatkan kebenaran dan kesungguhan. Atau defenisi kedua, KBBI menyatakan bahwa sumpah adalah pernyataan yang disertai tekad melakukan sesuatu menguatkan kebenarannya atau berani menerima sesuatu bila yang dinyatakannya tidak benar. Atau sumpah adalah janji atau ikrar yang teguh. 

Melihat definisi diatas maka Sumpah Pemuda 1928 adalah janji atau ikrar yang teguh untuk memperjuangkan negara kesatuan indonesia. Dari scope nya, sumpah pemuda pada kongres pemuda 1928 memiliki cakupan yang luas dan bertujuan untuk sesuatu yang bermanfaat untuk masyarakat banyak. Lalu bagaimana dengan sumpah jessica, sumpah jessica dapat dikategorikan pada Sumpah yang diucapkan kepada Tuhan untuk menyakinkan dirinya, majelis hakim dan publik bahwa dia bukanlah seorang pembunuh. Sumpah jessica hanya bertujuan dan berguna bagi dirinya sendiri. 

Tentu sumpah yang disampaikan jessica adalah sebuah cara untuk memberi penekanan kepada Majelis hakim bahwa dia bukanlah seorang pembunuh dan tentu saja dia memiliki harapan bahwa sumpah yang dia ucapkan dapat melepaskannya dari pidana penjara yang sudah ada didepan matanya. 

Ketika sumpah pemuda 1928 juga memerlukan waktu yang lama untuk menjadi sebuah kemerdekaan, apakah demikian juga halnya dengan sumpah jessica, apakah sumpahnya tersebut akan membawanya menikmati kemerdekaan di masa yang akan datang? Karena sumpah Jessica kemarin ternyata tidak mampu menggoyahkan pendapat hakim ditingkat pengadilan negeri karena jessica sudah di vonis pidana penjara 20 tahun

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x