Sigit
Sigit Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mimpi-mimpi yang menjadi kenyataan

Dibalik kesuksesan seorang anak ada doa ibu yang selalu menyertainya, kasih sayangnya takan pernah luntur, dan takan tergantikan.

Cerita Pemilih Pilihan

Ragam Cerita: Liburan Akhir Tahun

31 Desember 2015   19:42 Diperbarui: 31 Desember 2015   20:08 2827

[caption caption="Sumber Photo|Beritasatu.com "][/caption]

Kemarin sabtu 26 Dec 2015, saya dengan keluarga berangkat liburan ke Banyuwangi Jawa timur. Akhir tahun saya manfaatkan liburan ke tempat ibu angkat yang kebetulan sudah lama tak pernah mengunjunginya. Awalnya pengen naik bis supaya bisa menikmati perjalanan tapi karena libur Natal dan tahun baru yang panjang membuat tiket habis ludes untuk empat hari ke depan.

Karena sudah janji mau datang akhirnya kami putuskan naik pesawat, selain harga tak beda jauh waktu juga jadi pertimbangan. Pagi jam 4 saya langsung check in online suapaya bisa memilih seat yang diinginkan. Berangkatlah dari rumah sampai pool damri bekasi barat, langsung capsus ke Soeta. Sampai juga dibandara. Karena sudah check in online jadi masih bisa santai, istri beli sarapan untuk anak saya. Kemudian check ini untuk mendaftarkan bagasi yang saya bawa, jam penerbangan di Tiket tertera pukul 9:10 dari Jakarta dan tiba jam 10:40 WIB. Bandara Juanda.

Pada saat antri check in sebenarnya masih jam 8:10, dua kali antrian saya diserobot oleh manusia yang kelihatan berpendidikan tapi nyatanya tidak. Habis sudah waktu saya 30 menit, saya mulai gusar, ada rasa geram dan ingin marah rasanya. Tiba giliran saya, langsung menyodorkan tiket dalam bentuk PDF di hape, karna bawa barang untuk bagasi, setelah diterima oleh petugas counter, dia langsung lompat dari tempat duduknya.

Petugas tsb lari melewati Conveyor sedang berputar yang mengirim koper para penumpang ke bagian kargo, Menyesal rasanya gegara saya petugas tsb harus lari terburu-buru mengurus tiket ke bagian office disamping counter check in. Saya hanya berfikir bagaimana kalau dia terjatuh saat berlari di Conveyor yang sedang berjalan tsb, sangat berbahaya tentunya jika berlari di antara Conveyor yang sedang berjalan. Saya sendiri tidak tau bagaimana prosedure-nya jika ada hal yang urgent apakah diperbolehkan berlari melewati Conveyor yang sedang berjalan.

Tiket langsung diserahkan tanpa bisa menempatkan barang bawaan dibagasi, duh jadi kacau nih, mana lumayan berat juga barang yang harus dibawa. Tapi bersyukur sekarang banyak perbaikan yang dilakukan oleh pengelola bandara, pemeriksaa sebelum boarding yang biasanya ada atas dekat dengan Boarding gate, sekarang sudah pindah sebelum naik ke eskalator. Tentunya ini sangat memudahkan, jadi tidak perlu repot dipemeriksaan saat akan mencari gate menuju pesawat yang akan dinaiki.

Ada yang bikin saya bertanya-tanya, mengapa jam boarding dipercepat 10 menit sebelum waktunya, dan seharusnya jam 8.40 jam boarding tapi malah jam 8.30 penumpang dipersilakan menaiki pesawat halah apa lagi ini! Lari-larilah saya beserta anak dan istri supaya tidak ditinggal pesawat. Setelah sampai di ruang tunggu sebelum boarding ternyata para penumpang yang akan ke surabaya sudah tidak ada, jadi tinggal saya dan keluarga yang terakhir. Saya langsung bertanya ke petugas dan diarahkan menuju bis yang sudah menunggu, setelah menaiki bis ternyata ada beberapa orang yang juga terlambat dan dengan keluhan yang sama.

Tempat Duduk Sudah di Duduki oleh Orang Lain

Sahabat kompasianer pasti pernah mengalami, ketika masuk kedalam pesawat mendapatkan tempat duduk kita sudah diisi oleh penumpang lain. saya sering sungkan untuk menanyakannya langsung, saya panggil Pramugari atau Pramugara yang sedang bertugas dan menyodorkan tiket dengan nomor bangku yang tertera. Akan lebih baik melakukan check sebelum kita duduk di dalam pesawat, selain agar tidak merepotkan orang lain sekaligus tidak mempermalukan diri sendiri. Nanti dibilang ngak bisa baca tersinggung, tidak taat aturan juga bakal ditegur langsung oleh para Pramugara dan Pramugari yang sedang bertugas. Jadi sudah seharusnya jangan sampai kita mempermalukan diri sendiri dengan perilaku yang kurang baik tsb.

Ternyata bukan saya saja yang bangkunya diduduki penumpang lain, ada satu keluarga dengan seorang anak yang masih bayi. Kalau yang ini malahan penumpangnya nggak mau pindah tempat duduk, kemudian keluarga tersebut saya lihat mengalah dan berniat membatalkan penerbangan. Sang Pramugari mencoba menahan dan langsung berdialog dengan dengan penumpang yang tidak mau pindah tempat duduk tsb, setelah berdialog agak panjang akhirnya mau juga si penumpang tsb pindah. Begitulah ragam kejadian yang sering kita temui didalam penerbangan, bijaklah dalam melakukan hal apa saja, jangan sampai rasa empati kita tertutup gegara menuruti ego diri sendiri. Banyak cara agar bisa duduk nyaman di barisan depan, sekarang kita bisa check in online di waktu yang sudah ditentukan oleh masing-masing maskapai penerbangan sehingga bisa memilih langsung seat yang ada dalam pesawat dan tentunya lebih praktis. Apesnya koper yang saya bawa kedalam pesawat tak muat masuk kedalam Cabin, terpaksa dibawa petugas langsung bagasi dan hanya di beri catatan untuk pengambilan bagasi di bandara.