Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#

#Nomine The Best In Spesific Interest Kompasiana Award 2022#Menulis sesuai suara hati#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

FS Ikut Tembak Joshua, Keterlibatan FA, dan PDTH Demi Independensi Pengadilan

21 Agustus 2022   07:49 Diperbarui: 21 Agustus 2022   08:09 815 41 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar Irjen Ferdy Sambo tersangka Kasus Brigadir Joshua dan Fahmi Alamsyah | Dokumen Foto Via Pikiran Rakyat

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, memberikan pernyataan mengejutkan soal Irjen Ferdy Sambo (FS) terlibat turut serta menembak Brigadir Joshua dalam pembunuhan berencana tersebut.

Bahkan, Ahmad Taufan Damanik menyebut bahwa eks Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo (FS) ikut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sebanyak dua kali, dan mengenai hal ini pun, Pihak Komnas HAM berdasarkan pengakuan dari tersangka Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu (RE).

"Sementara sebaliknya kami periksa Richard (Bharada E), dia mengakui bahwa Pak FS [Ferdy Sambo] melakukan tembakan, dua tembakan ke Yosua," ujar Taufan dikutip dari YoutubeNarasi Newsroom, Sabtu (20/8/2022).

Ya, terkait keterlibatan FS ikut terlibat menembak Brigadir Joshua dalam kasus Brigadir J ini, memang sebelumnya sudah santer terdengar oleh khalyak publik.

Namun demikian, untuk membuktikan apakah pengakuan RE benar secara fakta atau tidaknya, maka memang kedepan adalah pada proses pengadilan, karena di sinilah semua, mulai dari berkas perkara, hingga seluruh alat bukti akan digelar dan semuanya akan dicocokkan dengan keterangan para tersangka.

Yang jelas, kalau FS terbukti turut menembak Brigadir Joshua, maka akan semakin memperberat sanksi pidana yang diterima FS, hukuman terberat yaitu hukuman mati bisa saja tak akan bisa terelakan dan bakal diterima oleh FS.

Sementara itu juga, publik juga masih belum mendapat kepastian soal keterlibatan Fahmi Alamsyah (FA) yang diduga ikut terlibat merancang skenario FS dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Joshua.

Dari penyampaian Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, maka soal dugaan keterlibatan Fahmi Alamsyah dalam pusaran Kasus Brigadir J akan didalami Timsus.

“Jadi pertanyaan pertama (soal dugaan keterlibatan Fahmi Alamsyah) tadi kami sedang melakukan pendalaman, tim sedang bekerja,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8).

Ya, mudahan saja kedepan ada kabar soal FA ini, kalau memang FA dinyatakan terlibat dalam pusaran Kasus Brigadir J ini ya harus ditersangkakan, apakah itu terlibat sebagai bagian dari tersangka utama atau kluster tersangka pidana lainnya seperti 5 Perwira Polri lainnya yang dinyatakan terlibat pidana Obstruction of Justice.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan