Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kalau Enggak Penting Banget, Jangan Keseringan Lembur!

12 April 2021   21:47 Diperbarui: 13 April 2021   09:26 555 68 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalau Enggak Penting Banget, Jangan Keseringan Lembur!
Ilustrasi pekerja lembur| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Apakah kamu pekerja kantoran yang sering banget kerja lembur, bahkan kamu kerja lembur sampai sering larut malam?

Kalau memang iya, kerja lembur kamu itu yang gimana sih? Dalam rangka apa sih?

Apakah kerja lembur karena memang kerjaan kamu lagi penting dan genting banget akibat karena memang kerjaan tersebut datangnya dadakan dari kantor dan harus segera banget selesainya ataukah lembur akibat karena kamu memang sering menunda-nunda pekerjaan rutin kamu?

Ketika sudah waktunya menjelang deadline, baru kamu kedandapan, kelimpungan, dan kesibukan mengerjakannya sampai harus kerja lembur segala, padahal semua itu sebenarnya bisa kamu kerjakan jauh waktu sebelumnya.

Kalau kamu kerja lembur karena kerjaan kamu memang lagi penting-pentingnya atau genting banget untuk diselesaikan karena memang dapat perintah langsung dari atasan ataupun kantor, ya enggak masalah sih, masih wajar dan logis.

Akan tetapi kalau kamu sering kerja lembur akibat karena kamu keseringan menunda-nunda pekerjaan rutin kamu, maka inilah yang jadi enggak wajar dan logis.

Karena ini artinya, kamu gagal memanajemen pekerjaan kamu secara efektif dan efisien, termasuk juga kamu gagal bertanggung jawab kepada Job Desk yang sudah diamanahkan kepada kamu.

Ilustrasi Kerja Lembur | Dokumen foto via Klikdokter.com
Ilustrasi Kerja Lembur | Dokumen foto via Klikdokter.com
Kamu kelihatan hardwork banget ataupun kelihatan hustle culture banget, padahal sebenarnya hal ini hanyalah modus kamu untuk menutupi tidak bertanggung jawaban atas pekerjaan rutin kamu.

Yang jelas, kalau kamu terlihat keseringan kerja lembur, maka lama kelamaan hal ini bisa jadi kecurigaan dan tanda tanya besar oleh pihak kantor, ada apa sih kok kamu itu kelihatannya sering banget kerja lembur, apa sih sebenarnya yang sedang dikerjakan.

Bahkan parahnya, bisa berdampak kepada penilaian kinerja kamu dan perkembangan karier kamu ke depan, ini bisa terjadi kalau pada akhirnya kamu ketahuan, bahwa ternyata kerja lembur kamu tersebut bukan karena sesuatu pekerjaan yang sifatnya insidentil dan krusial banget dari kantor, tapi karena kamu enggak bisa memanajemen kerjaan rutin kamu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN