Mohon tunggu...
Muhamad Sigid Safarudin
Muhamad Sigid Safarudin Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Seniman Otodidak,Art Teacher,Pemilik Rumput Rumah Seni Batam, just simple person :D

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Strategi Buat Anak Untuk Menang Dalam Lomba Menggambar

6 Februari 2011   12:04 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:51 95696 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Buat Anak Untuk Menang Dalam Lomba Menggambar
12969938111695012079

[caption id="attachment_88838" align="alignnone" width="314" caption="Suasana Lomba"][/caption]

Strategi ini adalah strategi teknis yang bisa diterapkan untuk anak-anak asalkan disertai dengan kedisiplinan dan ketekunan dalam penerapannya. Mudah-mudahan dalam metode ini anak-anak akan mampu menghasilkan sebuah karya seni yang memiliki nilai lebih dari hasil karya seni anak-anak yang lain. Strategi dan metode ini dapat digunakanbaik anak yang memang memiliki bakat seni ataupun anak-anak biasa yang memang memiliki ketekunan dan semangat untuk belajar seni.

Tahapan strategi yang digunakan yaitu sebagai berikut :

  1. Time Limitation, membiasakan anak-anak untuk menyelesaikan hasil karya gambarnya dalam waktu 1- 1,5 jam. Karena pada umumnya lomba menggambar, mewarnai ataupun melukis memberikan tenggang waktu penyelesaian dalam 1- 1,5 jam tersebut. Dengan membiasakan penggunaan timing anak-anak sudah memiliki criteria pertama berupa kecepatan penyelesaian gambar.
  2. A3 Paper Works, misalkan pada kelas-kelas gambar biasa menggunakan kertas A4,, maka untuk membiasakan anak agar terbiasa menggambar ataupun mewarnai bidang gambar yang luas gunakanlah kertas gambar A3. Lomba mewarnai ataupun menggambar lebih banyak menggunakan kertas gambar dengan ukuran A3. Dengan membiasakan anak-anak menggambar dengan kertas ukuran A3 mereka tidak akan merasa canggung lagi untuk mewarnai atau menggambar pada bidang gambar yang luas.
  3. Full Color Result, Biasakan anak-anak untuk dilatih dan dididik mewarnai semua area gambar. Jangan biarkan satupun area gambar yang tanpa warna. Keindahan dan hasil akhir gambar akan sangat dipengaruhi oleh bidang gambar yang berwarna. Hasil akan terlihat sangat bagus meskipun tanpa menggunakan pewarnaan dengan teknik gradasi atau teknik lainnya.
  4. Gradasi Color, Teknik diterapkan setelah anak-anak menguasai ketiga teknik diatas. Inti dari gradasi adalah mengasah kemampuan anak dalam memberikan warna dari gelap ke terang, tebal ke tipis. Pewarnaan ini akan semakin memperindah hasil akhir dari gambar atau pewarnaan.
  5. Punching/Pushing Color, Ini adalah teknik pewarnaan yang jarang sekali digunakan pada saat menggunakan media crayon. Setelah semua bidang gambar penuh dengan warna gunakanlah teknik ini yaitu dengan cara menekan bidang yang sudah diwarnai dengan benda tumpul misalkan bagian atas pencil yang tumpul atau penekan khusus yang terbuat dari kayu. Alat untuk penekan biasanya sudah ada jadi satu pada merek crayon-crayon tertentu . Alat penekan ini berbentuk seperti pisau kecil yang terbuat dari plastic. Efek yang ditimbulkan dari teknik ini hasil gambar dari crayon akan terlihat masuk kedalam kertas seperti hasil pewarnaan dengan spidol dan terlihat lebih bersih.

Karena menggambar dan mewarnai selain sebuah bakat yang dimiliki seseorang bukan berarti menggambar dan mewarnai tidak bisa diajarkan kepada anak-anak yang kurang mempunyai bakat dalam hal seni. Dengan kelima teknik diatas diharapkan dapat mendorong anak-anak untuk memperoleh peluang kemenangan dalam lomba menggambar dan mewarnai.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x