Nama  : SHYNTA DEVITA REGINA
NIM Â Â : 2108086031
Kelas  : PB-1A
Untuk memperkuat Islam Moderasi Beragama pada generasi muda perlunya pengetahuan keberagaman yang terstruktur dengan kurikulum yang sudah disiapkan sesuai dengan kaidah ajaran islam.Â
Kurikulum tersebut disiapkan sesuai dengan tingkat usia, jenjang pendidikan yang ditempuh baik dari taman kanak kanak, sekolah dasar, smp, sma, santri bahkan sampau mahasiswa di perguruan tinggi.Â
Selain itu keteladanan pendidik yang disiapkan juga harus mampu mengimabngi dengan pengetahuan keagamaan yang sesuai dengan kaidah islam untuk selanjutnya diajarkan kepada pendidik supaya dapat diterpakan dalam kehidupan sehari-hari.Â
Selain dari pendidik sendiri faktor lingkungan yang mendukung disekitar sekolah atau perguruan tinggi juga harus diperhitungkan untuk menyusun generasi muda, gunanya agar generasi muda tidak salah dalam memahami unsur keagamaan.
Wawasan islam moderasi beragama pada generasi muda yang ada Di Indonesia cukup baik, tetapi terkadang juga kita masih dapat menemukan adanya tingkat pengetahuan moderasi beragama dibeberapa orang masih rendah. Ini sebenarnya akan menjadi hambatan untuk kedepannya, takutnya mereka akan melakukan perbuatan yang menyalahi ajaran islam sesuai dengan kaidah.
Peran dan komitemen masyarkat indonesia terutama generasi muda sangat penting untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Â
Oleh karena itu, kurikulum yang disediakan untuk diajarkan pada generasi muda juga sangat berpengaruh. Ini adalah tugas pemerintah untuk menyediakan kurikulum yang mengajarkan moderasi bergama yang sesuai dengan kaidah islam.
Kerentanan generasi muda dalam politik identitas juga sangat ditakutkan dapat terjadi pada generasi muda Di Indonesia. Sejumlah peneliti mengatakan belakangan ini sebagian umat di Indonesia telah terpapar gejala intoleransi, radikalisme bahkan sampai terorisme.Â