Mohon tunggu...
Shulhan Rumaru
Shulhan Rumaru Mohon Tunggu... Penikmat Aksara

Penikmat Aksara

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Mau Lolos Seleksi Beasiswa LPDP, Ini Bocorannya!

4 Mei 2018   00:37 Diperbarui: 4 Mei 2018   17:03 0 8 2 Mohon Tunggu...
Mau Lolos Seleksi Beasiswa LPDP, Ini Bocorannya!
Informasi kelulusan melalui akun LPDP (foto pribadi)

Seharian ini, website LPDP sempat tak bisa diakses usai diluncurkannya informasi pembukaan pendaftaran beasiswa LPDP tahun 2018.

Sebabnya masih klasik, lantaran banyaknya peminat beasiswa bergengsi ini yang membuka situs LPDP di waktu bersamaan. Makluuum, beasiswa ini memang paling dinanti-nantikan publik Indonesia, terutama generasi muda. Nah, sebelum saya kasih informasi lebih lanjut, saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya mengikuti seleksi beasiswa LPDP, lebih tepatnya kasih bocoran bagi LPDP scholarship hunters.

Tapi, se, se, se...siapa saya? Kok, berani-beraninya kasih bocoran seleksi LPDP? Alhamdulillah, saya ini alumni Admin Kompasiana yang dikasih rejeki menyabet beasiswa LPDP Afirmasi BIT tahun 2017 kemarin. Sekarang saya sedang dalam tahap rangkaian persiapan bahasa dan keberangkatan yang diadakan LPDP di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Doakan, ya, semoga saya diberi kelancaran untuk segera bertandang ke kampus impian, Columbia University*, Amerika Serikat. Amin (*selalu ada rencana cadangan. Hehehe)

Kembali ke inti bahasan...

Periode tes
Biasanya, seleksi beasiswa LPDP dilakukan dalam tiga tahap saja: seleksi administrasi, online assessment, dan seleksi substansi. Meski hanya tiga tahapan, tapi printilannya banyak banget. Bagi kamu yang gak sabaran dan gak mau lebih teliti, mendingan mundur (becanda). Hehehe. Serius ini, sebab lama waktu seleksi ini kurang lebih 4-7 bulan. Yuk, langsung bahas aja:

1. Seleksi administrasi
Sebelum ikut seleksi administrasi, hal utama yang wajib kamu lakukan adalah membuat akun lewat website LPDP, sebab semua informasi dan seleksi administrasi dilakukan secara online. Akun LPDP kamu akan berfungsi sebagai verifikasi awal. Kalau gak punya akun, maka kamu gak bisa melakukan pendaftaran beasiswa LPDP. Jelas? Ok, setelah itu, kamu wajib mengunduh booklet LPDP sesuai jenis beasiswa LPDP yang diinginkan. Booklet tersebut merupakan panduan untuk mengikuti semua proses seleksi LPDP dan berkas apa saja yang harus disiapkan.

Lalu, apa saja berkas yang mesti diunggah ke akun kamu untuk pendaftaran LPDP? Kurang lebih ada 16-21 berkas (lihat booklet), tergantung beasiswa LPDP mana yang kamu kejar; Beasisawa LPDP Reguler, Afirmasi, Alumni Bidikmisi Berprestasi, atau Beasiswa Individu dari Keluarga Prasejahtera dll.

Yang jelas, tahap administrasi ini agak ribet. Dari sekian banyak berkas, ada beberapa berkas yang harus berurusan dengan birokrasi (dan kalian tahulah, ya, gak semua birokrasi di Indonesia ini mudah ditembus alias terlalu berlika-liku). Kalau ada kesempatan lagi, saya bikin tulisan khusus tentang tips lulus seleksi administrasi. 

2. Online assessment
Tes ini termasuk baru, berlaku sejak 2017 lalu di angkatan saya. Dan kamu tahu apa akibatnya? Ribuan pelamar LPDP berjatuhan bagaikan daun di musim gugur dan gak lolos ke tahap seleksi substansi. Apa pasal? Bukan sebab mereka gak cerdas, bukan pula karena bahasa Inggrisnya gak kece, tapi ini murni persoalan kepribadian. Jadi, jangan coba-coba berusaha menjadi "ideal" atau menjadi orang lain dalam tahapan ini. Jawab saja semua pertanyaannya sesuai apa adanya dirimu. Nah, namanya juga online assessment, otomatis tes ini menggunakan koneksi internet yang harus stabil dan "haram" kalau lelet, sebab durasinya kurang lebih 30 menit saja. 

Tentang apa, sih, tes ini? Ya, mirip-mirip tes psikotes gitu, deh. Ada beberapa poin yang diujikan dalam assessment online. Pertama, tes Values and Motives Inventory (VMI ) yang berjumlah 90-122 soal dan diselesaikan dalam waktu kurang lebih 20 menit. Kedua, tes Fifteen Factors Questionnaire Plus (15FQ+) yang berjumlah 150-200 pernyataan. Jadi, total yang harus dikerjakan adalah 322 pernyataan melalui website khusus yang diberikan oleh LPDP. Ingat lagi, lagi, dan lagi bahwa kamu harus menjawab semua soal hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit. Are we clear? Thoyyiiiiibbb!

3. Seleksi substansi
Boleh dibilang, ini seleksi puncak alias kamu akan dinyatakan sebagai awardee kalau berhasil melewati seleksi pamuncak ini. Apa saja yang ada dalam seleksi substansi? Tenaaaang, saya kasih bocorannya. Jadi, seleksi substansi ini dibagi ke dalam 4 proses utama yaitu;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3