Mohon tunggu...
maulina shfwatul
maulina shfwatul Mohon Tunggu... S.Pd-Soonūüéď - Ig : @Incshfwtl_

Dongeng-dan-Dunia Anak‚ú® Belajar mencintai diri sendiri juga mencintai menulisūüĆľ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kapan Waktunya Mengasah Minat dan Bakat Anak?

2 Desember 2020   23:25 Diperbarui: 2 Desember 2020   23:26 51 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapan Waktunya Mengasah Minat dan Bakat Anak?
pinterest.com/Fictional Subjects Photography

"Apapun bakat yang diinginkan anak - anak harus dieksplor , Talent yang mereka punya juga harus dikembangkan , serta memberikan dukungan terhadap mereka adalah kesempatan terbaik " - Donna Agnesia 

Mengasah minat dan bakat anak merupakan salah satu harta yang paling berharga , sehingga tak heran jika setiap orang tua pasti ingin melakukan juga memberikan yang terbaik bagi sang buah hati mereka tentunya . Salah satunya adalah dengan memberikan mereka kasih sayang , ilmu pengetahuan , serta berbagai keterampilan .

Namun , seseorang pandai dan cerdas sekalipun , tak akan pernah mampu melakukan sesuatu yang istimewa jika ditempat yang kurang tepat . Begitu juga dengan bakat atau kemampuan yang ada pada masing - masing individu , Dalam satu sudut pandang sederhana bakat dapat dikategorikan dalam kemampuan bawaan dari per individu yang telah ada sejak mereka lahir ke dunia . Oleh karena itu tentunya bakat yang mereka miliki tidak akan sama dengan yang lainnya . 

Untungnya orang tua tidak perlu membayar mahal untuk dapat mengetahui bakat apa yang sebenarnya ada pada sang buah hati , mereka hanya perlu mengamatinya . Sebab untuk memahami lebih mendalam tentang minat bakat , setidaknya orang tua telah terbiasa melakukan pengamatan terhadap apapun yang sering dilakukan mereka , walaupun hanya sebuah hal kecil . Karena dari sebuah hal yang sering mereka lakukan akan berkembang nantinya menjadi sebuah bakat . 

Dengan mengetahui semua yang disukai anak , yang sering mereka lakukan , hingga mengetahui talenta anak , sebagai orang tua nantinya bisa turut serta dalam pengembagan bakat mereka tersebut . Bahkan pernah dikatakan oleh pakar psikolog dari Amerika Serikat , Freed Edward bahwa ketersediaan waktu orang tua kepada sang buah hati , akan menjadi salah satu kunci sukses mengembangkan minat serta bakat mereka .  Sebab pada umumnya hampir 60% faktor genetik mempengaruhi bakat anak , sehingga bakat anak akan tidak jauh dari kedua orang tuanya . 

pinterest.com/Fictional Subjects Photography
pinterest.com/Fictional Subjects Photography

"Seperti pepatah mengatakan ,  bahwa buah jatuh tak akan jauh dari pohonnya berasal "

Tak dapat dibandingkan  "Apple to Apple " , setiap individu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing . Begitupun dengan bakat yang dimilikinya , pada satu anak pasti memiliki kemampuan bawaan lahir yang berbeda dengan anak lainnya . Bahkan ap abila mereka memiliki bakat yang sama pun , belum tentu dapat melakukan hasil eksekusi dengan hasil yang sama . 

Biasanya minat dan bakat anak sudah dapat dilihat dan diketahui ketika mereka berumur kisaran satu sampai dua tahun , namun ada pula sebagian anak yang terlihat bakatnya ketika menginjak usia enam tahun . Namun jika sikecil masih berumur satu sampai tiga tahun , dan belum terlihat bakat yang dimilikinya maka , orang tua hanya perlu menemani mereka bermain , memberikan permainan yang beraneka ragam , serta memberikan apapun yang dapat membahagiakan mereka saat itu , serta mengajak mereka untuk melakukan kegiatan baru disetiap harinya . Lambat laun akan terlihat apa yang mereka gemari dan sering dilakukan . 

Dilansir dari berbagai sumber ilmiah , anak anak secara alamiah menunjukkan minat dan bakatnya kebanyakan kisaran periode usia 4 tahun sampai  14 tahun , jadi bisa dikatakan bahwa masa tersebut adalah periode masa keemasan sang buah hati . Tak heran jika pada usia ini mereka banyak yang kehilangan arah atau hanya ikut ikut temannya saja , oleh karena itu orang tua harus segera mengetahui sebelum anak terpengaruh dengan lingkungan luarnya yang belum tentu baik dan mendukung bakat minatnya , orang tua jangan sampai terlambat . 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN