Mohon tunggu...
SHINTA OKTAVIANINGSIH
SHINTA OKTAVIANINGSIH Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswi,20 Tahun,Pendidikan Matematika,Universitas SingaPerbangsa Karawang

You Can If You Think You Can Segala sesuatu itu tergantung pada niatnya.Jika diniatkan untuk bisa,pasti akan bisa,bagaimanapun caranya dan berapa lama pun waktu yang dibutuhkan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Solusi Inovatif Matematika Dengan Komik Digital Komika Kamit Di Tengah Pandemi Covid-19 Sebagai Media Pembelajaran Matematika

18 Mei 2020   17:05 Diperbarui: 5 Juni 2020   20:26 2469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Komika Kamit {Komik Matematika Kocak,Menarik,Inspiratif}-Ilustrasi Pribadi

Tantangan Pembelajaran Di  Tengah Pandemi Covid-19 yang mengharuskan belajar dari rumah.
Penyebaran Virus Corona yang massif di dunia dan dilansir dari laman worldometers.info/coronavirus/ kasus Corona sebanyak 4,815,484 Pada Senin (18/05/2020) jumlah kasus Virus Corona kian meningkat pesat,memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah.Kita bisa melihat bagaimana perubahan-perubahan yang begitu besar di bidang teknologi,ekonomi,politik hingga dunia pendidikan beralih secara Daring di tengah krisis akibat Covid-19.Perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri,merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru.Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi dalam sektor pendidikan agar kegiatan belajar-mengajar (KBM) tetap berjalan sebagaimana mestinya meskipun peserta didik berada dirumah,inovasi pembelajaran merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan oleh guru dengan memaksimalkan media yang ada seperti sekarang ini media daring (online) sesuai dengan imbauan pemerintah yaitu Bekerja dari rumah atau work from home yang dilaksanakan saat ini merupakan tindak lanjut atas imbauan Presiden Joko Widodo pada konferensi pers di Istana Bogor Jawa Barat (15 Maret 2020) yaitu dengan Belajar di rumah teruntuk peserta didik dan mahasiswa perguruan tinggi agar tetap belajar dan terpenuhi hak-hak pendidikannya.Dilansir dari laman liputan6.com (18/05/2020) United Nations Educational,Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mencatat,COVID-19 berdampak pada pendidikan sekitar 290,5 juta pelajar di seluruh dunia dan peserta didik terganggu kegiatan sekolahnya dan terancam berdampak pada hak-hak dunia pendidikan mereka di masa yang akan datang.

Berdasarkan surat edaran menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19) menyatakan bahwa "Belajar dari Rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa,tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan".Namun Pembelajaran secara online dari rumah benar-benar sangat dirasakan berat bagi guru atau dosen,para pelajar dan mahasiswa,bahkan orang tua di berbagai belahan negara.Semua masyarakat dipaksa untuk bertransformasi dan beradaptasi pada kondisi Pandemik ini.Banyak cara yang dapat dilakukan untuk setidaknya mengurangi dampak di bidang pendidikan,yakni melalui strategi pembelajaran jarak jauh (online).Masyarakat diharuskan beradaptasi untuk berpindah ke strategi pembelajaran menjadi online atau berbasis daring.Meskipun dalam kenyataannya,pasti banyak upaya  dan berbagai tantangan yang harus dilakukan dalam menanggulangi akibat pandemi Covid-19 yang dihadapi baik oleh guru/dosen maupun para pelajar dan mahasiswa bahkan orang tua peserta didik.

Dari tantangan-tantangan itu,kita harus berani melangkah sebagai agen peruabahan (agent of change) untuk menjadikan pembelajaran daring (online) sebagai kesempatan mentransformasi pendidikan kita.Melihat kondisi saat ini yang tidak memungkinkan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) didalam kelas.Untuk itu Guru sebagai pengajar atau pendidik,guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap usaha pendidikan dengan pengajaran.Itulah sebabnya guru untuk selalu terus berinovasi menemukan sesuatu yang baru yang dapat membantu sektor pendidikan menjadi lebih baik itu adalah syarat mutlak untuk tidak tertinggal atau tergerus oleh zaman yang selalu berkembang dan tidak menjadi guru lontong basi.

Guru dituntut untuk senantiasa berperan aktif serta eksis,dan berkreativitas yang tinggi dengan menciptakan hal-hal yang baru dalam dunia pendidikan sesuai dengan zaman yang selalu berkembang.Keahlian dan kepribadian yang dimiliki guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan berperan sekaligus menjadi batu loncatan bagi peserta didik untuk meraih keberhasilannya di masa yang akan datang khususnya menorehkan prestasi yang gemilang baik dari segi analisis maupun mengembangkan potensi dari dalam dirinya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.Dalam sektor pendidikan Inovasi adalah tantangan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berkreativitas yang tinggi yang merupakan cita-cita mulia bangsa Indonesia untuk menjadi agent of change.Oleh karena itu,gagasan inovasi pendidikan oleh seorang pendidik sangatlah diperlukan dan sangat bermanfaat,dengan berbagai dukungan elemen terkait supaya tidak terjadi ketertinggalan zaman pada sektor Pendidikan yang kemudian akan berimbas pada pada elemen-elemen kehidupan yang lainnya seperti politik,ekonomi,social dan lain-lain.

Matematika sebagai salah satu bidang studi yang diajarkan di lembaga pendidikan formal merupakan salah satu bagian penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.Pelajaran matematika adalah suatu pelajaran yang berhubungan dengan banyak konsep.Konsep merupakan ide abstrak yang dengannya kita dapat mengelompokkan obyek-obyek kedalam contoh atau bukan contoh.Konsep-konsep dalam matematika memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.Saling keterkaitannya antar konsep materi satu dan yang lainnya merupakan bukti akan pentingnya pemahaman konsep matematika.Karenanya,siswa belum bisa memahami suatu materi jika belum memahami materi sebelumnya atau materi prasyarat dari materi yang akan pelajari.Beralasan sifat matematika yang abstrak bagi kebanyakan pelajar Indonesia Pelajaran Matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit karena  sebagian besar pelajar sudah menjudge bahwa matematika itu sangat sulit dan rumit karena selalu membahas dengan isi materi  dengan angka-angka,rumus-rumus dan tentunya juga hitung-menghitung.Para pelajar juga tidak berniat untuk mempelajarinya,kecuali karena tuntutan materi dari sekolah yang sedang dipelajari.Pemikiran awal pelajar yang menjudge matematika sulit seperti itu jelas akan memengaruhi terhadap penguasaan  materi matematika pelajat tersebut karena sebelumnya sudah ada rasa takut terlebih lagi identik guru matematika yang terkenal dengan pesona guru galak dan tidak bisa memahami pelajaran matematika dan akhirnya pelajar menjadi  malas belajar matematika.Mereka sudah terlebih dahulu tidak tertarik dengan matematika sebelum mencobanya.Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan Russefendi (Novitasari, 2016) bahwa “terdapat banyak anak-anak setelah belajar matematika bagian yang sederhana,banyak yang tidak dipahaminya,dan banyak konsep yang dipahami secara keliru.

Situasi pada saat ini dengan akibatnya covid-19 sehingga di rumah saja,hal yang perlu diperhatikan seperti  mempertimbangkan benda apa yang paling kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari,contohnya seperti hanphone yang selalu kerap ada di setiap individu,serta situasi pandemi yang membuat sebagian besar orang menjadi stress dan perlu hiburan.Dalam kondisi stress karena situasi pandemi,selain itu jika ditambah dengan pembelajaran matematika yang sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa,jelas perlu sesuatu yang baru dan menyenangkan bukan?untuk membuat pikiran menjadi senang.Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan menjawab permasalahan yang ada  peneliti berupaya berinovasi dalam sistem pendidikan kita khususnya terkait pembelajaran daring yaitu menciptakan Komik Digital Komika Kamit yang merupakan singkatan dari {Komik Matematika Kocak,Menarik,Inspiratif} yang ceritanya berkaitan dengan materi matematika yaitu penjumlahan pecahan dan materi ini sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Tujuan dari inovasi ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai konsep Penjumlahan Pecahan,Menumbuhkan rasa senang dalam belajar matematika,Membuat siswa belajar sekaligus bermain dalam membaca komika kamit,Meningkatkan Kepercayaan diri siswa dalam menjawab soal pecahan matematika dan Pembelajaran matematika yang lebih tersetruktur dan terarah dengan penggunaan komik digital Komika Kamit.Penerapan Materi pecahan ini sering sekali ditemui di kehidupan sehari-hari tetapi masih banyak siswa yang masih belum memahami materi pecahan  karena kurangnya minat baca belajar siswa dan masih rendahnya pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa.Media pembelajaran dengan mengguankan Komik bermanfaat sekali untuk peserta didik untuk dapat minat baca dan termotivasi belajar,karena mempunyai kelebihan dibandingkan dengan media grafis lainnya,yaitu media komik memanfaatkan suatu alur cerita dengan bergambar dan beranimasi,sehingga menarik dan minat untuk dibaca siswa dan sebagai kunci utamanya mengandung unsur-unsur humor yang tinggi,dan media komik dapat dibaca kembali sewaktu-waktu ketika peserta didik ingin mengulangi memahami materi yang terdapat di dalam media komik tersebut.Hal ini sejalan dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang sudah diterbitkan oleh Permendikbud No. 23 Th. 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.GLS dianggap sebagai salah satu cara menumbuhkan jiwa yang berbudi pekerti dalam diri anak-anak sekaligus meningkatkan minat baca yang mulai luntur tergerus teknologi.Berbagai kegiatan yang mendukung GLS pun telah digalakkan,salah satunya yaitu kewajiban membaca buku non-teks pelajaran selama 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai setiap hari di sekolah

Berikut Komik Digital Komika Kamit{Komik Matematika Kocak,Menarik,Inspiratif} materi Pecahan Matematika.

Komika Kamit {Komik Matematika Kocak,Menarik,Inspiratif}-Ilustrasi Pribadi
Komika Kamit {Komik Matematika Kocak,Menarik,Inspiratif}-Ilustrasi Pribadi

Komika Kamit {Komik Matematika Kocak,Menarik,Inspiratif}-Ilustrasi Pribadi
Komika Kamit {Komik Matematika Kocak,Menarik,Inspiratif}-Ilustrasi Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun