Mohon tunggu...
Singgah Sima Dewi
Singgah Sima Dewi Mohon Tunggu... Freelancer - Plants Enthusiast

Menanam, mengakar, tumbuh, merekah dan berkembang biak dalam kebaikan sabda alam. Semoga bermanfaat 😊👌.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Berdamai dengan Masalah Kulit dan Gatal-Gatal

9 Desember 2023   20:26 Diperbarui: 14 Desember 2023   18:31 1528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shutterstock/chomplearn via KOMPAS.com

Hari ini saya mulai bisa berdamai dengan masalah kulit dan rasa gatal yang dua tahun terakhir ini sering saya alami.

Awalnya saya merasa heran kenapa tiba-tiba saya mengalami masalah kulit dan rasa gatal yang belum  pernah saya alami dan rasakan sebelumnya.

Masalah kulit ini mulai saya alami di pertengahan tahun 2022, yang pertama kali adalah saya menyebutnya ruam merah koin, karena muncul ruam merwana merah dan bentuknya bulat seperti koin yang muncul di bagian paha, betis dan lengan, saya tidak tau apa penyebabnya. 

Ruam merah ini sebenarnya hanya flat tidak bentol dan tidak ada bintik-bintik airnya, tidak terasa gatal atau kalaupun ada rasa gatal cuma sedikit sekali rasa gatalnya, hanya saja warna merahnya membuat saya takut, karena seperti warna darah yang ingin keluar menembus kulit. 

Saya memberi tahu orangtua saya saat mengalami itu dan kemudian ayah saya memberikan saya salep kulit 88, karena kebetulan hanya salep itu yang ada di rumah. Setelah saya kasih salep, warna merahnya mulai memudar keesokan harinya, lama-lama jadi kecoklatan dan hilang dengan sendirinya.

Ruam merah pada kulit (Sumber: alodokter.com)
Ruam merah pada kulit (Sumber: alodokter.com)

Sudah sembuh dari ruam kulit, tiba-tiba tidak lama setelah itu saya mengalami masalah kulit lainnya yaitu biduran. Saya merasakan gatal-gatal yang tidak tertahankan di malam hari, tiba-tiba muncul bentol-bentol di area paha, bentuknya seperti bentol-bentol gigitan nyamuk yang tidak berwarna merah tapi jumlahnya banyak dan lama-lama bersatu membentuk pulau-pulau. 

Awal saya mengalaminya saya belum tau apa penyebabnya,  saya hanya berfikir apa mungkin itu karena nyamuk, ulat bulu, atau karena tanah atau debu dari kebon soalnya saya memang hobi ke kebon untuk menanam tanaman. Saya hanya memakai bedak Herocyn yang saya beli di apotik untuk sedikit mengurangi rasa gatalnya.

Saat itu saya belum kepikiran tentang alergi, karena dari kecil saya tidak pernah alergi makanan, udara atau yang lainnya. Saat masih kecil dua saudara laki-laki saya pernah mengalami gatal karena alergi makanan seafood seperti udang, ikan laut, dan kerang, pernah juga alergi karena kebanyakan makan telor, tetapi saya tidak pernah mengalami alergi makanan apapun.

Suatu hari saya bersama keluarga pergi berlibur ke Magelang, dimalam hari saat di hotel saya kembali merasakan gatal-gatal, bentol-bentol berpulau-pulau kembali muncul di paha saya ditambah lagi di sekitar pergelangan lengan, saya merasa sangat tidak nyaman saat itu dan saya juga tidak membawa obat, bedak gatal atau apapun, akhirnya saya hanya menahan rasa gatal itu sampai keesokan harinya rasa gatalnya mereda dengan sendirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun