Perlu kita sadari bahwa semangat cinta tanah air tidak hanya dilakukan melalui upacara atau hafalan teks Pancasila. Nilai-nilai kebangsaan dapat diperkenalkan melalui cara yang lebih dekat dengan dunia anak salah satunya melalui lagu yang sederhana dan menyenangkan. Â Untuk mewujudkannya Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Negeri Semarang (UNNES) menghadirkan inovasi media pembelajaran berupa lagu anak berjudul "Bendera Negeriku", yang dapat digunakan sebagai media kreatif dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada kelas 1, BAB 3 "Aku Mengenal Indonesia" dengan subtopik "Aku Mengenal Bendera Indonesia.".
Mengapa lagu dapat memberikan pembelajaran yang efektif?
Anak-anak sering sekali senang Ketika belajar berlangsung secara menyenangkan seperti bernyanyi, bermain, dan bergerak. Â Melalui kegiatan bernyanyi melalui lagu yang menyenangkan pembelajaran akan lebih bermakna, lagu dapat dijadikan jembatan antara dunia kognitif dan emosional anak. Dengan lagu, anak bukan tidah hanya tahu arti bendera Merah Putih secara teoritis, tapi juga merasakan arti dari warna bendera Indonesia, "Merah untuk keberanian, putih untuk kesucian".
Bedasarkan hasil studi litelatur, pembalajaran dengan media lagu dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kebangsaan. Selanjutnya dengan lagu dengan tema nasionalisme akan membentuk karakter anak yang disiplin dan memiliki rasa hormat terhadap symbol negara. Hal ini dapat diartikan bahwa lagu tidak hanya sekedar hiburan semata, tetapi juga terbukti dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif.
Menanamkan nasionalisme di era digital memang penuh tantangan. Anak-anak kini lebih sering menyanyikan lagu-lagu popular dibandingkan dengan lagu-lagu nasional. Namun, lewat pendekatan yang kreatif dan relevan dengan dunia mereka, semangat kebangsaan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak. Lagu "Bendera Negeriku" adalah contoh nyata media pembelajaran berupa lagu yang dapat digunakan untuk menanamkan rasa nasionalisme dengan cara yang menyenangkan.Â
Melalui kegiatan Bhakti Akademisi di SD Negeri Karanggedong, mahasiswa PGSD UNNES berhasil menciptakan karya berupa lagu yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan efektif untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme sejak usia dini.
Daftar Pustaka:
Arofaturrohman Y.A., dkk. (2023). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Yang Inovatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 3 Tahun 2023 Page 7338-7345 E-ISSN 2807-4238 and P-ISSN 2807-4246
Irwansyah B., dkk. (2022). Implementasi Karakter Nasionalisme Peserta Didik melalui Pembiasaan Menyanyikan Lagu Nasional di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) E-ISSN: 2746-7767 Volume 6, Nomor 1, Maret 2025, Hal (156-164)
Putri, N. E., & Ardipal, A. (2021). PEMANFAATAN LAGU ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD CAHAYA HATI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 18(2), 114--120. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI