Mohon tunggu...
Sherlyn Dhenarsyah
Sherlyn Dhenarsyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Belajar menjadi bukan sekadar memiliki.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus

3 Oktober 2022   13:03 Diperbarui: 3 Oktober 2022   13:07 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Terdapat tiga faktor penyebab pada anak berkebutuhan khusus.

Pertama, faktor internal pada diri anak. Faktor internal ini adalah kondisi yang dimiliki oleh anak yang berkebutuhan khusus. Contohnya seorang anak memiliki kebutuhan yang khusus pada saat belajar karena ia tidak bisa melihat mendengar atau berbicara. 

Kedua, faktor eksternal pada diri anak. Penyebab anak memiliki kebutuhan khusus adalah berasal dari luar diri anak. Contohnya anak yang sering mengalami bullying akan menjadikan anak tersebut susah untuk konsentrasi. Contoh lain adalah anak yang mengalami konflik pada keluarga sehingga membuat dia trauma dan tidak mau belajar. Karena anak ini mengalami ketakutan ketika bertemu dengan orang yang tidak dikenal. Karena hal itu anak yang berkebutuhan khusus harus mendapatkan pelayanan yang khusus agar anak dapat melaksanakan pembelajarannya. 

Ketiga yaitu kombinasi faktor eksternal dan internal.

Penyebab kombinasi faktor eksternal dan internal itu akan mengalami anak yang harus diberikan kebutuhan khusus yang lebih kompleks. Karena biasanya anak yang memiliki faktor eksternal dan internal ini dia akan lebih sulit untuk memperhatikan sesuatu. Jadi perlu diberikan perhatian yang lebih khusus agar Pembelajaran dapat ia pahami dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun