Mohon tunggu...
shenoela
shenoela Mohon Tunggu... lainnya -

:-)

Selanjutnya

Tutup

Nature

Mandiri E-Cash: Uang Tunai di Ponsel Bikin Belanja Jadi Praktis

10 Maret 2014   22:28 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:05 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Waktu sedang surfing di sebuah toko belanja online, saya melihat satu sandal cantik. Harganya pun cukup terjangkau. Pada situs belanja online tersebut, tersedia layanan Mandiri E-Cash. Kebetulan, saya telah terdaftar sebagai penggunanya. Sandal itu dibuat oleh perajin dari Bandung, sementara saya tinggal di pinggiran Jakarta. Dibandingkan pergi sendiri ke Bandung, tentu lebih hemat kalau berbelanja online, cukup membayar ongkos kirimnya saja.

*

Bukan Nasabah Bank Mandiri Pun Bisa

Saya tertarik menjadi pengguna layanan Mandiri E-cash karena proses mendaftarannya mudah. Tidak harus menjadi nasabah Bank Mandiri untuk bisa menggunakan layanan ini. Yang terpenting, kita memiliki ponsel dan nomor SIM card yang aktif.

Berikut ini langkah-langkahnya. Ketik pada ponsel *141*6# kemudian pilih E-cash kemudian pilih Admin kemudian pilih Daftar. Pada layar ponsel akan akan terbaca tulisan dengan mendaftar Anda telah menyetujui syarat dan ketentuan layanan pada www.bankmandiri.co.id.Tekanlah 1 untuk melanjutkan proses berikutnya. Kita akan diminta untuk memasukkan nama, kata rahasia, dan PIN. Setelah itu, proses selesai.

*

Uang Tunai di Ponsel

Mandiri E-cash adalah uang tunai di ponsel. Jadi, jika ingin berbelanja menggunakan E-cash, terlebih dulu kita harus memiliki saldo. Karena saya belum menjadi nasabah Bank Mandiri, maka saya melakukan transfer melalui bank lain.

Caranya, pilihlah menu transfer ke bank Mandiri (008) lalu tekan 80 + no ponsel. Tak berapa lama, Bank Mandiri akan mengirimkan SMS yang mengingformasikan bahwa kita telah menerima sejumlah uang dari Mandiri E-cash, serta jumlah saldo yang kita miliki.

Lalu, bagaimana cara melakukan pembayaran melalui Mandiri E-cash?

Pengalaman saya menggunakan e-cash adalah saat berbelanja online. Proses transaksi menggunakan Mandiri E-Cash amat praktis. Mula-mula saya memilih barang yang saya inginkan dan memasukkannya ke "keranjang belanja". Saya bebas memilih perusahaan jasa ekspedisi yang saya percaya untuk mengantarkan barang. Setelah melakukan pembayaran, saya tinggal menunggu pesanan saya dikirimkan.

Setelah mengklik Mandiri E-cash sebagai metode pembayaran, kita akan mendapat panduan sebagai berikut:

[caption id="" align="alignnone" width="320" caption="gambar: shenoela"][/caption]

1.Masukkan nomor ponsel e-cash & PIN e-cash anda.

2.Pastikan detail dan jumlah pembayaran dan tekan tombolnya kirim untuk melanjutkan atau tekan tombol batal untuk kembali ke sebelumnya.

3.Tunggu kiriman SMS e-cash yang berisi One Time Password (OTP).

4.Masukkan kode 6 angka OTP yang diterima, kemudian tekan tombol bayar untuk melakukan pembayaran.

5.Jika SMS OTP belum diterima/OTP anda kadaluarsa dalam 5 menit. Klik tombol batal untuk mengulang transaksi dan anda belum didebet.

[caption id="" align="alignnone" width="357" caption="gambar: shenoela"]

[/caption]

Ketika sukses melakukan transaksi, pada layar monitor tampaklah detail pembayaran seperti contoh di atas.

Tiga hari kemudian, sandal cantik pesanan saya, sudah sampai. Demikian pengalaman saya menggunakan Mandiri E-Cash. Begitu praktisnya, saya berniat untuk berbelanja menggunakan e-cash lagi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun