Mohon tunggu...
Rahma dona
Rahma dona Mohon Tunggu... Wiraswasta - wiraswasta

http://donasaurus.com

Selanjutnya

Tutup

Seni Pilihan

Gula Aren Bikin Warna Batik Jadi Keren, Begini Caranya

7 Mei 2024   16:30 Diperbarui: 7 Mei 2024   17:13 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aroma manis  gula aren merebak, mengugah selera. Mau bilang lagi ikutan kelas memasak, tapi bukan.Terus, rebusan gula aren itu juga bukan dawet ayu atau cuko pempek. Tapi akan digunakan dalam proses pewarnaan batik. Hey, gimana ceritanya gula aren bisa terlibat dalam pewarnaan tekstil?

Pohon aren (Arenga Pinnata) tumbuh dihampir seluruh  kepulauan nusantara. Tradisi  mengelola sari pohon arena tau nira  menjadi gula, sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Bahan utama pembuatan gula aren cuma satu,yaitu  air dari  pohon arena atau biasa disebut nira.

Cara mengolah nira menjadi gula cukup  sederhana. Air nira yang telah disaring direbus selama 3-4 jam hingga mengental. Lalu dicetak  dengan  batok kelapa, daun aren atau  ruas bambu .

Rasa manis dan aromanya, membuat gula aren jadi bahan pemanis yang disukai.Tak heran, hampir semua daerah punya kuliner khas yang menggunakan gula aren. Tapi  selain jadi bahan  pangan,  gula aren  ternyata juga digunakan  dalam proses pewarnaan benang dan kain.

dokpri dona
dokpri dona

Seperti pengalaman waktu aku ikut workshop batik dan pewarnaan alami. Kegiatan belajar membatik yang diprakarsai Museum Kebangkitan Nasional- Jakarta diadakan bulan November tahun  2023 lalu. Mentor kami hari itu adalah  Suroso, yang punya brand Batik Pohon.

Peserta amat antusias menyimak  penjelasan beliau,  seputar  serba-serbi pengerjaan batik.Karena keterbatasan waktu, workshop  kali ini tidak mengikuti urutan sebagaimana yang dikerjakan para pengrajin batik.

Gak ada sesi Nyungging - membuat workflow disain batik. Sesi menjiplak gambar di atas kain atau Njaplak juga dilompati. Langsung masuk sesi  Ngelowong.

Eh….ngelowong apaan sih? 

Sederhananya ngelowong  adalah menutupi garis  motif utama atau outline dengan lilin batik - malam. Nah, ada bermacam jenis canting batik untuk tiap tahapan pelilinan - nyanting. Canting yang digunakan untuk ngelowong, namanya canting kelowong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Seni Selengkapnya
Lihat Seni Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun