Mohon tunggu...
Sheila Dwianisatul
Sheila Dwianisatul Mohon Tunggu... Seniman - Sheila Dwi anisatul

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemeliharaan Alat Permainan Edukatif

26 November 2021   19:02 Diperbarui: 26 November 2021   19:19 32 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pemeliharaan dan Perawatan alat permainan edukasi.

Alat permainan edukasi merupakan sebuah alat permainan yang telah di desain untuk melatih dan menstimulasi perkembangan anak usia dini. Alat permainan edukasi sangat penting untuk anak bermain dan belajar, alat permainan edukatif dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja tergantung dengan bentuk, jenis, fungsinya. 

Alat permainan edukatif juga sebagai alat pembantu bagi pendidik dalam mengajar anak usia dini sebagai alat permainan yang digunakan untuk bermain dan juga belajar. Fasilitas alat permainan edukasi dapat dimiliki oleh pendidik maupun orang tua jadi mempermudah anak bermain dan belajar dimana saja dan kapan saja.

Alat permainan edukasi memiliki ciri- ciri baik pada fisik, fungsi, kegunaan, cara penggunaan, cara merawatnya. Pendidik dan orang tua bisa memiliki alat permainan edukatif untuk menstimulasi otot- otot dan perkembangan pada anak baik dirumah maupun disekolah, yang tentunya membuat anak tidak bosan dengan aktivitas bermain dan belajar. 

Dukungan bagi anak saat belajar yaitu dengan bermain yang menyenangkan membuat suasana hati, pikiran segar  dan nyaman untuk belajar. Syarat dan ketentuan dari alat permainan edukatif dianjurkan tidak menyusahkan anak saat bermain. Hal tersebut harus diperhatikan bagi orang tua maupun pendidik agar anak tidak salah melangkah saat bermain yang menyebabkan masalah yang fatal.

Alat permainan edukatif bagi anak usia dini penting untuk menstimulasi dan mendukung perkembangan anak.Pengujian untuk menguji alat permainan edukatif harus diperhatikan dan dapat dipertanggung jawabkan terkait bahan, jenis bahan, warna, kekuatan alat permainan ketahanan alat permainan dapat dimainkan hingga berapa lama. Hal tersebut harusnya diperhatikan terlebih dahulu untuk memudahkan anak- anak bermain dengan alat permainan tersebut.

Permainan bagi anak usia dini sangat penting suatu kebahagiaan dan kepuasaan bagi anak saat melakukan bermain, maka dari itu permainan anak juga dapat mengasah pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dalam alat permainan edukasi anak terdapat juga bagaimana cara merawat sebuah alat permainan edukasi agar lebih tahan lama dan dapat digunakan kapan saja. Tentunya dibutuhkan perhatian dan pemeliharaan yang baik saat menggunakan sesuai dengan anjuran dan cara- caranya. Tergantung bagaimana jenis atau bahan yang dibuat alat permainan apakah terbuat dari bahan alam, plastik tiruan, besi, kayu dan lain- lain. 

Contoh dengan alat permainan yang terbuat dari kayu cara  merawatnya yaitu selalu dibersihkan dan selalu digunakan agar tidak berdebu atau dimakan rayap. Alat permainan yang terbuat dari plastik bisa dirawat dengan cara disimpan di tempat yang kering, selalu digunakan dan dibersihkan ketika sudah bermain, alat permainan edukatif yang terbuat dari besi cara merawatnya bisa dengan menjaga kebersihan diri kita sendiri saat bermain alat itu tangan kita harus bersih dan setelah bermain juga demikian mencuci tangan agar tidak bau besi dan kotor, untuk menjaga alat permainan yang terbuat dari besi disimpan di tempat yang terbuka, selalu dibersihkan dan digunakan agar tidak mudah berkarat.

Merawat alat permainan edukatif bisa dilakukan oleh semua kalangan manusia baik anak, orang tua, maupun pendidik. Mudah jika merawat alat permainan edukatif dilakukan secara bersama- sama dan saling peduli dengan alat permainan edukatif. Alat permainan edukatif merupakan kepentingan bagi anak untuk menstimulasi perkembangan dan melatih otot- otot kecil yang harus di optimalkan agar siap jasmani maupun rohani. Kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi anak saat melakukan aktivitas bermain. Maka dari itu alat permainan edukatif yang baik bagi anak harus dirawat dan dijaga selalu untuk kenyamanan anak bermain mengembangkan apa yang ia miliki.

Kepedulian antusias bagi orang tua dan pendidik yang perlu diberikan pada anak untuk mengembangkan aspek, kemampuan yang anak harus peroleh yaitu dengan bermain, bermain yang dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman yang menjadi kebiasaan anak untuk melatih dirinya sendiri. Saat orang tua dan pendidik perhatian pada anak maka mereka juga perhatian dengan permainan yang dimainkan oleh anak, dari hal itu muncul sebuah kasih sayang yang berbuah kepedulian dengan hal- hal kecil yang disukai oleh anak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan