Mohon tunggu...
Sheila Adiwinata
Sheila Adiwinata Mohon Tunggu...

Dokter Umum

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Selena Gomez Depresi karena Lupus

8 September 2018   20:54 Diperbarui: 8 September 2018   21:31 454 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Selena Gomez Depresi karena Lupus
Brilio.net

Halo sobat Kompasiana!


Siapa di sini yang tidak mengenal Selena Gomez? Tentu banyak dari kita yang mengetahui artis hits mantan Justin Bieber satu ini. Belum lama ini tersebar curhatan-curhatan Selena mengenai dirinya yang alami kecemasan dan depresi akibat penyakit lupus yang dideritanya. Apa sih penyakit lupus itu? Tanda dan gejala seseorang terkena lupus itu seperti apa?

Lupus merupakan penyakit  inflamasi autoimun  kronis (menahun) yang  belum jelas penyebabnya dan mengenai di segala usia. Apa itu autoimun? Autoimun adalah suatu keadaan di mana sistem imun kita menyerang tubuh kita sendiri dikarenakan terjadinya kesalahan pengenalan (sederhananya, sistem imun kita menganggap sistem tubuh kita musuh sehingga terus menerus diserang).

Penyakit lupus menyerang berbagai sistem tubuh kita oleh karena itu penyakit ini disebut penyakit autoimun multisistem. Sistem tubuh yang dapat diserang penyakit lupus adalah kulit, ginjal, saraf, jantung dan pernapasan.

Berikut adalah tanda dan gejala seseorang terkena penyakit lupus:
1. Butterfly rash (ruam kemerahan berbentuk kulu-kupu pada wajah setiap terpapar sinar matahari)

Healthguidance.org
Healthguidance.org

2. Luka pada mulut yang tidak nyeri
3. Nyeri, pembengkakan dan kekakuan sendi
4. Sesak nafas, nyeri dada
5. Lemas
6. Demam
7. Pusing, sakit kepala
8. Anemia

Lupus terkenal sebagai The Great Imitator, sehingga bila kita lihat gejala di atas menyerupai penyakit lain. Oleh karena itu apabila anda merasakan keluhan-keluhan di atas segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang selanjutnya untuk dapat segera menegakkan diagnosis dan segera mengobatinya.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
Perhimpunan Reumatologi Indonesia. Diagnosis dan Pengelolaan Lupus Eritematosus Sistemik. 2011.
Suntoko B. Gambaran Klinik dan Diagnosis Lupus Eritematosis Sistemik. In: Setiati S, et al, editors. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid I. Edisi VI. Interna Publishing. 2016:3351-9.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x