Mohon tunggu...
Sharli Fitria Aa Sriron
Sharli Fitria Aa Sriron Mohon Tunggu... Mahasiswa - A girls

Just try to write

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kearifan Lokal Adat Masyarakat Sunda dalam Hubungan dengan Lingkungan Alam

18 April 2022   12:30 Diperbarui: 18 April 2022   12:55 183 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Manusia dan alam merupakan satu unit yang tidak dapat terpisahkan. Menurut teori evolusi Darwin, Manusia akan selalu berusaha untuk menjaga eksistensinya dengan berevolusi yaitu menjadi yang sosok yang berkuasa, tidak lemah dan mayoritas. 

Keberadaan manusia sejak dulu secara antroplogis, manusia akan selalu berkembang dan mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan alam sekitarnya. 

Hal ini dikarenakan anugerah akal dari Tuhan yang membuat manusia mempunyai kelebihan serta naluri yang kuat sehingga peka terhadap fenomena alam dan cepat beradaptasi sehingga terciptalah "kebudayaan" sebagai bentuk berdaptasi yang dilakukan manusia dengan alamnya. 

Segala sesuatu yang terjadi di alam, bentuk adaptasi yang dilakukan manusia menjadi asal usul terciptanya suatu kebudayaan.

Geoculture, setiap manusia yang berada di muka bumi akan memiliki gaya mereka masing-masing dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan alamnya. Alam Pasundan merupakan salah satu lingkungan alam yang indah, menjadi pemersatu antara Masyarakat Sunda dengan alamnya. 

Alam Pasundan yang terletak di pegunungan Jawa Barat ini mayoritas dihuni oleh orang-orang yang menggunakan Bahasa sunda sebagai Bahasa ibu dan percakapan sehari-hari. Maka tak heran, orang Sunda dikenal sebagai "orang gunung". 

Kondisi alam orang Sunda yang sangat dekat dengan pegunungan ini menjadikan peladang sebagai mata pencaharian mereka untuk bertahan hidup. Kehidupan sebagai peladang bahkan sampai saat ini masih terus dilakukan oleh Orang Sunda. Hal ini dikarenakan sikap adaptif dari Orang Sunda yang sangat baik.

Bagaimana Orang Sunda dapat beradaptasi dengan alamnya?

Orang Sunda memiliki persepsi bahwa lingkungan alam adalah sesuatu yang harus dihormati, dipelihara, dan dirawat. Jadi alam bukanlah sesuatu untuk ditaklukan. Banyak sekali bentuk-bentuk kebudayaan yang dilakukan Orang Sunda untuk menjaga hubungan mereka dengan alam. 

Salah satunya adalah sesajen. Pasti kita sudah cukup familiar dengan budaya tersebut dimana Orang Sunda memberikan sebuah penghormatan kepada alam dengan mempersembahkan sebagian hasil dari panen mereka. Selain itu juga ada tumbal-tumbal hewan dan benda-benda yang digunakan untuk memperbaiki permasalahan kehidupan yang dipercayai oleh Orang Sunda dalam menjaga hubungan dengan alam.

Alam menjadi inspirasi Orang Sunda dalam kehidupan sehari-hari, seperti apakah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan