Mohon tunggu...
Shania Situmorang
Shania Situmorang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Communication Student

You Only Live Once

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Perbedaan Jurnalisme Masa Kini dan Jurnalisme Masa Depan

10 Oktober 2021   20:41 Diperbarui: 10 Oktober 2021   22:11 104 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Headline News. Photo by Obi Onyeador on Unsplash

Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jurnalisme masa kini dan masa depan.

Perbedaan yang ada lebih kepada adanya perkembangan dari teknologi itu sendiri.
Pada jurnalisme masa kini teknologi akan lebih digunakan menyeluruh oleh khalayak. Hal ini memberikan perbedaan kecil dalam penyebaran berita.

Terdapat beberapa aspek jurnalisme yang mendukung perkembangannya. Aspek tersebut mempengaruhi berbagai perbedaan pada perkembangan jurnalisme masa depan. Raja Romawi Cayus Julius Caesar yang juga sebagai individu yang masyhur sebagai Bapak Pers Dunia. 

Maka jurnalistik dikenalkan pertama di Romawi. Selanjutnya Jurnalistik semakin meluas dengan ditemukannya teknik membuat kertas pada peradaban mesir. Perkembangan ini juga terjadi di China, dan dilanjutkan dengan negara eropa yaitu Jerman dan Inggris, sampai dengan hari ini.

Jurnalisme Masa Kini

Photo by CoWomen on Unsplash
Photo by CoWomen on Unsplash

Jurnalisme interaktif menjadi kata yang tepat untuk jurnalisme masa kini. Model transaksi horizontal dimana audiens berperan sebagai pengawas dari informasi yang disajikan. Pada jurnalisme masa kini audiens dapat membuat dan menyebarkan informasi atau berita tersebut dengan berbagai cara.

Perkembangan teknologi menjadi aspek besar bagi audiens menyebarkan informasi atau berita. Platform seperti sosial media dapat menjadi salah satu tempat penyebaran oline oleh audiens. Pengguna platform tersebut juga akan menerima informasi dengan sangat cepat.

Konten dari audiens dibuat dari mendapatkan informasi dan diolah sebagai sebuah berita utuh. Aspek tersebut diberikan beberapa media pendukung yaitu multimedia (gambar, teks, video, dan suara) yang akan ia sebarkan pada platform digital (blog, media sosial, website).

Massa jurnalisme masa kini mempunyai dua cara dalam menyebarkan informasi dan berita. Dua cara itu dikenal sebagai Jurnalisme Online dan Citizen Journalism. Jurnalisme Online mendapatkan data dari berbagai informasi yang digemari audiens. Maka dari itu jurnalisme online menggunakan gaya bahasa yang santai. Jurnalisme ini tidak mempunyai kantor resmi. Muncul 4 gaya penulisan berita pada jurnalisme masa kini.

4 Gaya Penulisan Berita Masa Kini

Opini dalam Koran. Sumber : catatansipemula.blogspot.com
Opini dalam Koran. Sumber : catatansipemula.blogspot.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan