Mohon tunggu...
SHANIA CONSTANTI
SHANIA CONSTANTI Mohon Tunggu... MAHASISWA

MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan

24 Januari 2021   12:33 Diperbarui: 24 Januari 2021   12:53 240 0 0 Mohon Tunggu...

Seorang pimpinan dalam suatu perusahaan dapat melihat bahwa dengan menerapkan motivasi dan disiplin kerja pada perusahaan dapat meningkatkan kinerja dari karyawannya. Sebab dengan adanya motivasi dan disiplin kerja maka karyawan akan merasa bertanggungjawab dengan segala tugasnya dan akan bekerja dengan sepenuh hati. 

Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki posisi sangat strategis dalam organisasi artinya unsur manusia memegang peranan penting dalam melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan. Untuk itulah eksistensi sumber daya manusia dalam organisasi kuat. 

Di era globalisasi saat ini, masalah sumber daya manusia menjadi sorotan maupun tumpuan bagi perusahaan untuk tetap dapat bertahan. Sebab sumber daya manusia merupakan peran utama dalam setiap kegiatan perusahaan. Sumber daya manusia akan menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan perusahaan atau instansi. Manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi karena manusia menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi.

Organisasi harus dapat mengelola karyawan agar dapat meningkatkan kinerja di dalam organisasi tersebut. Mengelola karyawan sangat diperhatikan karena karyawan merupakan faktor yang sangat berarti dan berfungsi sebagai sebagai penggerak utama atas kelancaran usaha dan kinerja. 

Pendayagunaan karyawan dalam perusahaan bukan merupakan persoalan yang mudah dan sederhana, akan tetapi memerlukan pemikiran yang serius terutama bagi perusahaan atau organisasi yang banyak menggunakan tenaga kerja manusia. Semua organisasi atau perusahaan pasti mempunyai standar perilaku yang harus dilakukan dalam hubungan dengan pekerjaan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Perusahaan menginginkan para karyawan mematuhi standar perilaku ini sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Sebuah perusahaan dikatakan bisa menjaga karyawan dengan baik dapat dilihat dari kinerja karyawan. Jika kinerja karyawan baik, maka perusahaan tidak bisa memanaj dengan baik karyawan., maka perusahaan tersebut gagal dalam mengolah karyawan. Memperoleh kinerja karyawan yang maksimal adalah harapan semua perusahaan, salah satu hal yang bisa dilakukan harus mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kinerja karyawan meningkat dan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Salah satu alasan kesuksesan karyawan dan organisasi adalah karena adanya sebuah motivasi yang tinggi dan konsep memotivasi yang digunakan untuk menjelaskan kemampuan dan kesempatan bekerja. Memotivasi merupakan sebuah faktor yang lebih mengarah pada perilaku di dalam memenuhi tujuan tertentu. 

Motivasi karyawan dapat dipengaruhi oleh faktor minat, gaji yang diterima, kebutuhan akan rasa aman, hubungan antarpersonal dan kesempatan untuk bekerja. Dengan adanya motivasi dapat mendorong karyawan untuk lebih menggerakkan tenaga dan pikiran dalam merealisasikan tujuan perusahaan. Apabila kebutuhan akan hal ini terpenuhi, maka timbul kepuasan dan kelancaran terhadap peningkatan kinerja karyawan.

Selain motivasi, kedisiplinan juga memiliki peranan penting dalam menunjukkan sikap kepatuhan karyawan terhadap peraturan yang berlaku di dalam perusahaan. Disiplin merupakan tindakan yang dilakukan dengan menaati peraturan yang ada di dalam dengan bentuk peraturan tertulis maupun peraturan tidak tertulis. Pendisiplinan karyawan dapat dilaksanakan dengan cara menetapkan peraturan yang harus dipatuhi karyawan. 

Peraturan sangat diperlukan untuk memberikan  bimbingan dan penyuluhan bagi karyawan dalam menciptakan tata tertib yang baik di perusahaan. Tata tertib yang baik di perusahaan, maka semangat kerja, efektivitas kerja karyawan akan meningkat sehingga akan mendukung pencapaian kinerja yang maksimal. Dapat dikatakan jika suatu perusahaan akan sulit mencapai tujuannya jika akryawan di dalamnya tidak menerapkan disiplin yang baik, yaitu tidak mematuhi dan menjalankan peraturan yang ada.

VIDEO PILIHAN