Mohon tunggu...
• M.K.Anam •
• M.K.Anam • Mohon Tunggu... Editor - Nama saya pakai sepasi

"Berbeda adalah pilihan" •CJ•

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Motor Trail Matic di Indonesia Semakin Mewabah

4 Juli 2019   19:53 Diperbarui: 11 Juli 2019   09:21 1174
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Matic Trail/galerioto.blogspot.com

 MOTOR MATIC TRAIL DIINDONESIA SEMAKIN MEWABAH

     Dizaman sekarang tentu semua orang tau apa itu motor trail,ya motor yang memang dikhususkan untuk digunakan disegala medan baik medan yang terjal,berbatu,berlumpur hingga tanjakan-tanjakan atau bukit dan gunung-gunung sekalipun. 

Nah sesuai judul diatas dimana motor matic semakin banyak dijalanan tentu ada sebagian orang yang bosan dengan model matic yang begitu-begitu saja maka munculah modifikator atau orang yang sekedar hobi yang merombak motornya menjadi "Matic Trail" dimana bisa digunakan dimedan-medan berat seperti motor trail pada umumnya. Namun,ada kekurangannya yaitu dalam sektor tenaga dimana tenaga matic dibanding manual pasti berbeda, meskipun motor matic tersebut sudah dimodif untuk trabas. 

     Namun soal seperti itu tidak menyurutkan para rider matic trail dalam mengendarai maticnya,lihat saja malah semakain menambah jumlah pecinta "matic trail" diindonesia,dan saya pribadi juga suka untuk hal-hal yang berkaitan dengan motor trail. 

     Kalau boleh cerita sedikit saya juga memodifikasi motor saya motor Honda Beat Fi kluaran pertama kalau tidak salah.

dokpri
dokpri
        Saya memodif motor tersebut bergenre ala-ala trail hehe..namun saya lebih condong ke matic sumonya (matic supermoto) dengan ban yang agak lumayan gembot tentu enak klo untuk urusan cornering dan jalan yang tidak rata,jalan tanah,bukit-bukit kecil,namun untuk jalan becek dan berlumpur itu tidak disarankan,namun jika agan ahli boleh juga,hehe..

  Oke dan kembali kepada topik diatas, diindonesia sendiri sudah banyak club-club motor matic trail yang beredar diacara-acara baksos ataupun acara-acara trabas bareng ditempat-tempat tertentu,dan jika agan-agan semua ingin membuat atau memodif motor matic trail juga, saya sudah siapkan part-part awal untuk membuat matic agan menjadi Matic Trail, oke simak dibawah ini apa saja yang harus diganti.

 Part-part yang diganti:

*Stang
mengganti stang bawaan pabrik dengan diameter setang yang lebih besar. Sekarang dipasaran juga sudah banyak beredar merek setang yang menawarkan banyak pilihan bentuk dan ukuran yang dapat di sesuaikan dengan keinginan agan serta pilihan harga yang bervariasi pula. "Untuk merek setang di pasaran itu berbagai macam, paling kalau produk lokal harganya sekitar dari Rp200 ribuan. Tapi kalau sekelas Renthal dari Rp1 juta sampai Rp1,8 jutaan itu sudah bagus",kata toko-toko part racing

*Riser (Dudukan stang)
Dudukan stang atau riser itu biasanya ditambah menggunakan stang aftermarket itu rata-rata diameternya lebih besar, dan riser bawaan pabrik kurang pas. Makannya ditambah riser aftermarket di atasnya, jadi posisi setang lebih tinggi, untuk harganya Kurang lebih Rp500 ribuan dan ada juga yang lebuh murah.

*Hand guard
Untuk hand guard bisa ditambahkan bisa tidak,namun menurut saya lebih baik di tambahkan karna hand guard juga sebagai pengaman tangam agan pada saat terjatuh ataupun yang lainnya.

*Ban
Ban juga penting untuk merubah motor matic biasa menjadi trail,karna jika ban tidak dirubah tentu akan membahayakan pengendaranya saat dimedan terjal atau yang berlumpur,karna tidak adanya grip atau cengkraman ke tanah.

*Peninggi suspensi
Untuk peninggi suspensi bisa di tambahkan supaya motor matic agan nantinya tidak terlalu ceper saat melewati medan yang terjal.

*Knalpot
Dan supaya lebih gahar lagi ketika dijalanan, tentunya harus mengganti kenalpotnya. "Knalpot yang full system untuk lokalan paling harganya sekitar Rp700 ribuan, kecuali knalpot impor harganya bisa mencapai Rp 4 jutaan bahkan bisa lebih.

*Lampu belakang
Kalau lampu bawaan pabrik itu ada ada reflector di sepatboar belakang dan itu dilepas dan digantikan dengan lampu kecil. agar sama seperti motor trail cross beneran, harganya Rp 80-200 ribu. Dan tutup mesin atau engine guard.

     Silahkan agan-agan berimajinasi sendiri untuk menghasilkan modifikasi motor trail yang keren dan berbeda dari motor pada umumnya. Namun yang paling penting agan harus menyiapkan dana yang tidak sedikit untuk merubah motor standar menjadi motor trail. 

Jangan lupa memeriksa kekuatan rangka dan suspensi yang nantinya akan disiksa untuk melewati medan berat. Ban juga harus diperhatikan agar semakin nyaman dan aman saat trabas,dan diatas tadi hanya part-part awal yang bisa agan ganti untu menjadi matic trail jika dirasa kurang agan bisa konsultasi dengan bengkel agan.

Nah demikianlah artikel "Modifikasi Motor" yang saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi. Matic Trail

NB: Jika motor agan ingin tetap on the road dalam arti bisa dibawa berkendara dijalan raya agan bisa mempertahankan part-part yang mendukung untuk dibawa dijalan raya, seperi plat nomor,lampu utama sampai lampu sein,juga tombol-tombol aftermarket yang bisa dipasang menggantikan tombol lama,dan untuk ban agan bisa menggantinya yang radial atau semi trail agar aman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun