Mohon tunggu...
Andi Almafhum
Andi Almafhum Mohon Tunggu... Wiraswasta - Entrepreneur

Seseorang yang terus berusaha menjadi lebih baik lagi dari pada sebelumnya. Menyukai hal mengenai riset dan development terutama di bidang pengembanga technology. Menyukai kebebasan, sesuatu yang baru, dan tantangan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Begini Cara Mengatasi Biduran dan Kulit Gatal karena Alergi

6 Oktober 2022   17:05 Diperbarui: 6 Oktober 2022   19:53 1052 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Illustrasi biduran dan alergi (sumber:hallosehat.com)

Biduran atau Urtikaria merupakan kondisi kulit yang mengalami kemerahan serta peradangan karena paparan suatu benda yang mengakibatkan bangkitnya zat  histamin yang diproduksi oleh sel-sel darah putih. Kulit akan mengalami suatu benjolan di bagian tubuh dengan ukuran yang berbeda- beda. 

Penderitanya akan merasakan panas seperti terbakar pada permukaan kulit disertai rasa gatal yang sangat luar biasa. Bahkan, biduran akan menjadi sangat berbahaya jika penderita terkena alergi terutama yang disebabkan oleh makanan yang dapat membuat tenggorokan menjadi bengkak.

Biduran atau Urtikaria sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu Urtikaria akut dan Urtikaria kronis. Urtikaria akut pada umumnya merupakan biduran yang dapat sembuh secara sendirinya, namun tetap perlu pengobatan untuk pengurangan gejala yang dirasakan.

Berbeda halnya dengan Urtikaria kronis. Jenis biduran ini merupakan biduran jangka panjang yang dapat menyiksa penderita hingga berminggu-minggu maupun berbulan-bulan. Biduran ini harus mendapatkan perawatan khusus untuk proses penyembuhannya. 

Bagaimanapun biduran akan sangat mengganggu bagi aktivitas yang sedang dijalankan. Nah, untuk menangani biduran ada beberapa hal yang  bisa dilakukan.

1. Konsumsi Tanaman yang Mengandung Antiinflamasi

Inflamasi sendiri merupakan suatu respons protektif yang disebabkan karena terjadinya kerusakan pada jaringan. Pada dasarnya ini merupakan hal yang baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Namun, inflamasi dapat menjadi suatu masalah yang tidak terkendali bila melawan sel yang sehat dalam tubuh.

Biduran sendiri merupakan salah satu efek dari inflamasi. Nah, untuk mengatasi hal yang sedemikian maka perlu konsumsi obat antiinflamasi steroid maupun non steroid. Tapi, konsumsi obat itu juga memiliki efek samping seperti mual, muntah, diare, sakit kepala, telinga berdenging, sakit ulu hati, dan masih banyak yang lainnya.

Namun, terdapat juga antiinflamasi yang ada di dalam tanaman sekitar kita yaitu lidah buaya. Dengan mengkonsumsi daging lidah buaya atau bisa juga dengan menggosok - gosokkan daging lidah buaya ke kulit yang terkena biduran dapat mengurangi gejala panas dan gatal yang diderita serta membuat kulit menjadi dingin sehingga terjaga kondisi kelembabpannya. Sehingga tanaman tersebut dapat dijadikan alternatif pengobatan biduran secara alami.

2. Menjaga Suhu Kulit Tetap Dingin

Biduran menyebabkan rasa panas dan gatal yang sangat mengganggu. Nah, salah satu cara menghadapi biduran adalah dengan melakukan kompres dengan air es supaya menjaga kulit tetap dingin. Caranya cukup simple, yaitu membungkus es batu dengan handuk yang tidak terlalu tebal. Setelah itu, gesek-gesekkan perlahan pada bagian yang terkena biduran selama sepuluh menit.  

3. Menjaga Kulit Tetap Dalam Kondisi Lembab

Penderita biduran perlu menjaga kondisi kulit agar tetap lembab. Salah satunya dengan menggunakan krim pelembab kulit yang dikhususkan untuk penderita biduran. Biasanya krim pelembab ini banyak ditemui di apotek. Ada juga yang berbentuk bedak yang dapat digunakan penderita biduran terutama anak - anak.

Cara menggunakannya juga cukup simple. Bersihkan terlebih dahulu tubuh kita setelah itu oleskan krim atau bedak secara merata dan tunggu hingga benar-benar kering. Tetap perhatikan krim atau bedak yang digunakan terutama pada penderita kulit sensitif.

4. Hindari Makanan atau Benda - Benda yang Dapat Menimbulkan Alergi

Pada umumnya biduran disebabkan oleh pancaran suatu benda. Nah, bisa saja benda tersebut hanya menempel di tubuh sehingga terjadi gesekan dan menyebabkan alergi. Bisa juga dari sesuatu yang kita konsumsi dan ternyata membuat kita alergi.

Perlu dikenali lebih lanjut benda-benda atau sesuatu apa saja yang membuat kita biduran. Karena tetap menggunakan benda atau mengkonsumsi makanan itu malah dapat membuat biduran semakin parah. Bahkan dapat membuat peradangan pada tenggorokan. 

Dengan menghindari menggunakan benda dan konsumsi makanan yang menyebabkan alergi, kita dapat mengurangi gejala yang diderita dan pulih secara perlahan - lahan.

5. Konsumsi Obat Anti Alergi

Biduran memiliki banyak jenis, namun akan menjadi bahaya apabila itu merupakan urtikaria kronis yang terkombinasi dengan alergi makanan yang tidak kita ketahui. Maka perlu melakukan diagnosa dan hipotesis yang mendalam untuk menentukan jenis biduran yang diderita. 

Bila beberapa upaya sudah dimaksimalkan maka tidak ada salahnya pergi ke dokter spesialis kulit. Dengan bertanya langsung kepada ahlinya dan diagnosa yang tepat maka penderita biduran dapat memilih obat yang tepat untuk dikonsumsi. 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan