Mohon tunggu...
Wida Setyo
Wida Setyo Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Motivasi Saya Mengikuti E-Training Melek IT (DOGMIT) Angkatan 5 Tahun 2018

11 April 2018   15:36 Diperbarui: 11 April 2018   15:42 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saya adalah seorang pendidik dari sekolah menengah pertama di sebuah desa di ujung selatan pantai pulau jawa. Ya tepatnya di sebuah kota yang namanya adalah Lumajang.

 Lumajang dulu meruapakan sebuah kota yang lumayan di kenal pada masa Kerajaan Majapahit, yang biasa di kenal dengan kota Lamajang. Ya nama saya adalah Setyo Widanaryanti, mengajar di SMPN 1 Pasirian kabupaten Lumajang. 

Saya seorang guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, pada saat ini saya masih aktif mengajar kelas 7 dan 8.  Sudah lama ternyata saya menjadi seorang pendidik, yaitu semenjak tahun 2000, kalau di hitung hitung hamper 18 tahun. Saya senang dan enjoy menjadi seorang pendidik, karena itu adalah impian saya sejak kecil.

Sebagai guru Mata pelajaran IPS dengan materi yang banyak mulai dari belajar geografi, sejarah, sosiologi, ekonomi, maka saya berpikir bagaimana bisa membuat pembelajaran ke mereka lebih menarik, dengan waktu yang ada mereka bisa belajar banyak materi. 

Untuk itu saya menginginkan media pembalajaran yang manantang. Apalagi zaman sekarang adalah zaman digital, dimana para pelajar sudah tidak asing lagi dengan barang elektronik dan media sosial. Maka sangat perlu kalau pembelajaran yang saat ini harus berbeda dengan pembelajaran yang ada pada zaman dahulu, karena zaman nya sudah berbeda. Itulah yang menjadi motivasi saya bergabung ikut pelatihan untuk  membuat media pembelajaran yang menarik semacam DOGMIT ini.

Pelatihan membuat media pembalajaran semacam Edugames di Dogomit ini sangat bagus, walau hanya sebatas online. Mudah cara cara yang di sampaiakan, walau kadang suka gemes karena harus terhubung dengan jaringan yang kadan terhambat dan tidak lancar. Tapi kalau masalah itu bisa terpecahkan suka senang. 

Selain ilmu yang di dapat ternyata saya juga dapat teman kenalan baru yang berada nun jauh di sana, sehingga kita bisa diskusi dalam chating bareng. Untuk kedepanya semoga pak Karni bisa memberi pelatihan lagi dalam konteks yang berbeda atau lebih modern lagi. Untung lagi kalau bisa di adakan pelatihan secara online di masing masing kota.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun