Mohon tunggu...
Setyowati
Setyowati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Keadilan Ditentukan Bagi Orang yang Memiliki Kekuasaan atau Orang yang Memilik Banyak Uang?

28 November 2021   21:15 Diperbarui: 13 Januari 2022   22:24 76 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Penulis :

Dr.Ira Maerani S.H., M.H (Dosen FH Unissula)

Setyowati (Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Unissula)

Hallo teman-teman, gimana kabarnya hari ini? Hari weekend pasti kabarnya baik kan ya? Kali ini artikel yang saya tulis akan membahas masalah apa sih arti dari keadilan? Keadilan yang kayak apa? Terus bagaimana sih sistem keadilan yang sebenarnya yang ditegakkan di hukum di Indonesia? Tentu teman-teman pasti sudah banyak menebak-nebak jawaban atas pertanyaan itu.

Oke. Kita bahas terlebih dahulu mengenai penjelasan keadilan. Menurut sumber yang saya baca di Wikipedia, menjelaska bahwa keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai suatu hal, baik menyangkut benda atau moral. Atau keadilan mempunyai arti bahwa seseorang memiliki hak yang sama dengan orang tanpa dibeda-bedakan.

Bukan hanya dari wikipedia saja, sebenarnya definisi keadilan ini memiliki banyak arti. Lalu pertanyaan yang lain, apa arti keadilan sosial?  

Keadilan sosial merupakan hak setiap warga Negara Indonesia yang hidup bersama dalam negara ini, perlakuan hukum tidak dibedakan antar golongan atas dan golongan bawah, semua berhak mendapatkan hukum yang adil dan setara sama dengan yang lainnya. Lalu bagaimana keadilan yang diterapkan di Indonesia. 

Apakah keadilan di Indonesia sudah merata atau keadilan hanya diatur oleh orang yang berkuasa atau orang yang memiliki banyak uang saja?

Taukah teman-teman, bahwa keadilan sosial sendiri tercantum lho di sila kelima pancasila yang berbunyi "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia". Dari pernyataan ini sudah jelas bahwa sila kelima ini memiliki makna bahwa seluruh rakyat Indonesia berhak mendapatkan keadilan baik keadilan di bidang hukum, ekonomi, politik, dan kebudayaan, sehingga terciptanya masyarakat yang adil dan makmur.

Namun, kenyataannya yang kita lihat dan sering terjadi, keadilan sosial seringkali berlaku bagi orang yang mempunyai kekuasaan dan orang yang mempunyai banyak uang. Mengapa tidak, orang yang memiliki kekuasaan dan memiliki banyak uang ini ternyata bisa membeli nilai keadilan lho. Melihat keadaan itu mungkin sudah tidak lazim terjadi di Indonesia. 

Beberapa hari yang lalu, keadilan Indonesia dibuktikan adanya ketidak adilan yang diperoleh dari seorang istri yang memarahi suami yang pulang dengan keadaan mabuk, dan istrinya itu di laporkan di pihak kepolisian dan dituntut dengan hukuman satu tahun penjara. Bukankah itu contoh keadilan yang berpihak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan