Mohon tunggu...
Setiyo Bardono
Setiyo Bardono Mohon Tunggu... Administrasi - Staf Kurang Ahli

SETIYO BARDONO, penulis kelahiran Purworejo bermukim di Depok, Jawa Barat. Staf kurang ahli di Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MAPIPTEK). Antologi puisi tunggalnya berjudul Mengering Basah (Aruskata Pers, 2007), Mimpi Kereta di Pucuk Cemara (Pasar Malam Production, 2012), dan Aku Mencintaimu dengan Sepenuh Kereta (eSastera Malaysia, 2012). Novel karyanya: Koin Cinta (Diva Press, 2013) dan Separuh Kaku (Penerbit Senja, 2014).

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KRLMania Berbagi Kebahagian di Kampung Cibunar

6 Juli 2015   13:08 Diperbarui: 6 Juli 2015   13:08 149 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KRLMania kembali mengadakan bakti sosial (Baksos) dengan berbagi kebahagiaan kepada anak yatim dan dhuafa di Kp. Cibunar, Pintu Air Rt 003 Rw 008 Kampung Cibunar, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Baksos ini merupakan kegiatan rutin KRLMania setiap bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Pada tahun-tahun Sebelumnya, sasaran baksos ditujukan pada lingkungan yang berhubungan dengan perkeretaapian seperti penjaga pintu perlintasan, juru penilik jalan, pencuci kereta, dan lain-lain.

"Baru kali ini baksos KRLmania di luar jalur dan lingkungan kereta. Sumbangan yang terhimpun disalurkan kepada anak-anak yatim dan dhuafa di Kampung Cibunar," kata Nurcahyo koordinator KRLMania dalam acara Buka Puasa dan santunan anak yatim dan dhuafa di Halaman Mushola Al Mukhlisin, Cibunar, Bogor pada Sabtu (4/7/2015).

Untuk mencapai ke Desa Cibunar membutuhkan kurang lebih 20 menit dari Stasiun Parungpanjang. Namun, akses jalan lumayan agak rusak karena jalan Parungpanjang sering dilalui truk tronton yang hilir mudik membawa hasil tambang ke daerah lain. Sementara, jalan masuk ke Cibunar melewati jalanan berliku yang belum diaspal, melintasi areal persawahan dan jembatan pintu air yang sempit.

Kepala Desa Cibunar, Ir Endin Mahyudin, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini pertama kali dilakukan di Pintu Air. "Berkat ketekunan pemuda-pemudi Cibunar, acara ini bisa terlaksana. Semangat yang patut diacungi jempol. Mudah-mudahan ke depan bisa menjadi program kegiatan rutin dengan melibatkan berbagi elemen," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Ucup Supriatna, anggota DPRD Bogor mengapresiasi kekompakan dan ketakwaan dalam kerjasama antara panitia dengan komunitas pengguna KRL. "Kegiatan generasi muda dengan perencanaan pendek dan waktu yang singkat, namun hasilnya luar biasa," ungkap Ucup.

Dalam kesempatan tersebut KRLMania menyumbangkan 15 juta untuk santunan anak yatim dan dhuafa, serta sumbangan bagi Yayasan Panti Asuhan di kampung Cibunar. Selain uang tunai, KRLMania juga menyerahkan seperangkat peralatan komputer dan pakaian layak pakai. "Sumbangan tersebut berasal dari kemurahan hati para donatur anggota KRLMania maupun sebuah perusahaan swasta," ungkap Nurcahyo.

Santunan secara simbolis diserahkan kepada perwakilan anak yatim dan dhuafa. Sementara sumbangan diterima langsung oleh salah satu pengurus Yayasan Panti Asuhan Albarkah, Kampung Cibunar. Selain santunan, acara juga diisi dengan pentas seni oleh pemuda-pemudi kampung Cibunar. Acara ditutup dengan buka puasa bersama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan