Mohon tunggu...
Serly PutriCahyaningtiyas
Serly PutriCahyaningtiyas Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Penulis

Mahasiswi semester 4 UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PRODI ILMU KOMUNIKASI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Online Shop Ramai Pembeli dengan Content Management yang Menarik

23 Juni 2021   23:21 Diperbarui: 23 Juni 2021   23:29 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa Indonesia menduduki peringkat yang tinggi dalam penggunaan soosial media dan internet. terlebih lagi saat ini sudah di mudahkan dengan adanya aplikasi - aplikasi penunjang modernisasi ini. patokan tergusurnya tradisi tradisional masyarakat dunia termasuk yang ada di Indonesia yaitu adalah, dengan adanya indikasi pengendalian keinginan membeli yang terus menerus. apalagi saat ini masyarakat sering sekali terpengaruh dengan trend, apalagi gaya terkini sudah mulai bermunculan. bukan hanya di dunia fashion, namun juga ada di dunia kuliner, dunia otomotif, dan sebagainya.

 Konten adalah suatu informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik, biasanya konten memuat tentang promosi dan branding yang akan di sampaikan oleh suatu perusahaan atau creator mengenai brand atau produk yang akan di pasarkan. ini tentu saja seperti kita membuat iklan yang akan kita tayangkan. konten sendiri biasanya kita jumpai di media atau dunia maya seperti ( facebook, instagram, tiktok, youtube, dll ). Dan pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang Content management, apasih content Management itu? bagaimana sih penerapan  nya ?.

eits, sebelum nya ada pepatah yang bilang. tak kenal maka tak sayang, kenalin aku Serly Putri Cahyaningtiyas, Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan Program Study Ilmu Komunikasi Semester 4. langsung ke topik pembahasan ya teman-teman, Content management dalam bahasa inggris artinya adalah serangkaian proses dan teknologi yang mendukung pengumpulan, pengelolaan, dan penerbitan informasi dalam bentuk atau media apa pun. Ketika disimpan dan diakses melalui komputer, informasi ini dapat lebih spesifik disebut sebagai konten digital, atau hanya sebagai konten. pada saat kamu ingin memanagement atau mengemas konten kamu menjadi lebih menarik, maka kamu harus mempersiapkan nya terlebih dahulu, apa aja sih yang ingin kamu suguh kan kepada khalayak. itu perlu banget kalian pertimbangin.

kenapa demikian? karena kalau seandainya semua itu di pertimbangin, maka kalian juga akan mempertimbangkan bobot serta kualitas branding yang akan di tayangkan. isi pesan atau kandungan point-point pokok bisa tersampaikan atau tidak , dan konten nya bakal di sukai orang banyak atau tidak. nah itu semua tentu menjadi acuan pertimbangan yang berat sebab me management itu tandanya kita harus mengkupas hal apa saja yang bisa membuat kemasan yang kita pasarkan ini bisa up dan booming, ini juga masuk kedalam branding.

kalau kita sudah menata dan menimbang semuanya, maka kedepan nya akan lebih mudah. menjadi content managemen adalah hal yang menurut saya sangat menyenangkan, karena di dalam content management, ada tantangan tersendiri dalam pekerjaan nya. target yang sedang di kerjakan haruslah terlaksana semua. tantangan ini yang bikin greget untuk terus menggali dan memahami arti dan cara - cara agar Content management kita bisa menjadi yang terbaik. terlebih lagi untuk online shop yang saat ini sedang ramai di manfaatkan para milenial bangsa untuk berjualan atau berdagang mencari rizky. tips-tips ini menurut saya sangat di butuhkan bahkan skill dalam penggunaan nya dan penerapan nya sangat bagus.

berikut ini adalah tips-tips dan trik mengenai peningkatan keahlian dalam content management:

1. membuat management content, contoh dari management content ini di adalah untuk menyuting, memposting, membuat text , serta audio di dalam web.

2. presentasi, dalam hal ini membuat optimalisasi di dalam tampilan website di berbagai perangkat

3. Integrasi, mengintegrasikan beberapa platform di dalam satu tempat

4. commerce, untuk di gunakan sebagai sarana marketing atau perdagangan, biasanya menggunakan perdagangan digital

5. personalisasi, ini di tunjukan untuk mengetahui dan mentargetkan konten secara relevan, bertujuan agar sasaran yang di berikan sudah tepat. biasanya di sesuaikan sesuai dengan ( target, usia, lokasi, minat, kepribadian, dan juga interaksi terhadap brand sebelumnya)

6. Analisis, para content management juga perlu adanya menganalisis terhadap konten yang mereka buat. akankah menunjukan peningkatan atau penyusutan terkait konten yang di buat berdasarkan laporan analisis.

7. tata kelola, ketika sudah selesai dalam pembuatan konten. maka sangat penting sekali dalam mengelolanya, agar mengetahui letak dimana konten tersebut bisa atau dapat di ubah kembali. hal ini termasuk mengetahui siapa saja yang bisa mengubah, menyetujui serta mempublikasikan. ini di gunakan supaya konten yang di  buat sudah sesuai dengan kaidah prosedur content management.

kemudian, saya akan sedikit bercerita kepada teman-teman  tentang pengalaman saya pada saat menggunakan metode serta penerapan nya terkait, memanagement usaha online shop yang pada saat itu saya geluti. mungkin ini bisa menjadi gambaran teman- teman jika nanti ingin membuka usaha dan menerapkan nya. pengalaman pribadi saya pada saat menggunakan beberapa metode sangatlah menguras waktu dan tenaga, sebab apa? saya harus menyesuaikan. mana metode yang paling tepat dalam strategi pemasaran saya. yangana sekiranya bisa menggait banyak khalayak untuk mencoba mencari tahu apasih yang sedang saya tawarkan.

yang pertama adalah metode commerce, kenapa harus commerce? karena, saya menilai berdasarkan rate yang saya jumpai bahkan saya rasakan sendiri. management konten menggunakan penerapan commerce itu sangatlah efesien. karena di era milenial yang serba canggih ini, masyarakat cinderung menyukai hal-hal yang berbau praktis. mereka menyukai media untuk aktifitas keseharian mereka. termasuk berbelanja. ini adalah strategi marketing yang harus di manfaatkan, supaya produk yang kita brandingkan lebih banyak di kenal dan di sukai khalayak.

yang kedua adalah management content. ini adalah pekerjaan yang menurut saya sangat berat , mengapa demikian?. karena kita di tuntut untuk lebih open minded dan kreatif. sebab konten yang akan di sajikan haruslah fresh dan tidak boleh ,monoton. sehingga orang yang melihat akan memiliki rasa puas tersendiri, para tim management konten juga harus banyak menggali dan mencari refferensi yang inovatif. bukan hanya kreatif yang di butuhkan namun kemampuan intelektual juga di perlukan.

lalu analisis, setiap minggu dan setiap bulan, saya akan menganalisis konten yang saya buat dan saya sajikan , supaya, kedepan nya saha berharap bahwasanya branding yang saya tawarkan bisa mengetuk kacah luas dan mencakup banyak hal yang baik.

kemudian adalah tata kelola, ini adalah pertimbangan yang penting dalam sebuah konten management, karena kita bisa mendapatkan hasil yang memuaskan apabila menggunakan tata kelola yang baik.

kekurangan yang harus di perbaiki dari keseluruhan metode yang saya gunakan adalah, ada di analisis dan ada di Content Management, karena saya tau bahwa tidak mudah untuk menggait khlayak dalam merespon positif apa yang kita sajikan. serta sulitnya menggait para calon pelanggan agar tertarik dengan yang kita tawarkan. mengenai metode personalisasi. tentunya masih banyaj lagi pertimbangan - pertimbangan yang harus di perhatikan .

itulah tips dari saya, supaya Online Shop kamu ramai pembeli dengan penjelasan  metode -metode Content Management. saya harap tulisan ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun