Mohon tunggu...
Serin Himatus Soraya
Serin Himatus Soraya Mohon Tunggu... Freelancer - Hanya orang biasa

Hidup untuk mati

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Manusia Jawa

24 Januari 2021   22:18 Diperbarui: 24 Januari 2021   22:34 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Aku lahir di tanah para dewa
Dari rahim ibunda tercinta
Bersama dengan empat saudara

Aku tumbuh mengemban tugas mulia
Di bumi  Yang Maha Kuasa
Memayu hayuning bawana
Ambrasta dur hangkara

Aku makan dari ladangnya Dewi Sri
Yang menumbuhkan padi tiada henti
Dari kuburan Ken Tisnawati

Aku belajar dari Sang Arya Sena
Putra Pandhu Dewanata
Yang dengan gigih melawan Rukmuka dan Rukmakala
Yang tanpa ragu menerjang lautan membelah naga

Aku menghibur diri dengan tembang
Yang diiringi pukulan gambang
Diceritakan kisah oleh dalang
Ditemani blencong sebagai penerang

Aku dipimpin seorang raja
Yang dikenal sebagai Ajisaka
Dengan sabdanya hanacaraka
Yang sungguh elok maknanya

Kini...
Aku kembali..
Menghadap Ilahi...
Sangkan paraning dumadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun