Mohon tunggu...
Septi Setiyawati
Septi Setiyawati Mohon Tunggu... seorang ibu beranak satu

Ibu anak satu, lulusan pendidikan kimia .

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Seberapa Penting Menerapkan Pendidikan Karakter Sejak Dini?

30 April 2020   16:42 Diperbarui: 30 April 2020   16:39 79 1 1 Mohon Tunggu...

Menjadi orang tua merupakan pengalaman berharga yang harus disyukuri dalam hidup. Namun, terdapat tantangan tersendiri menjadi orang tua pada masa sekarang, khususnya kaum milenial yang baru saja menjadi orang tua. Ditengah berkembangnya zaman tak dapat dipungkiri banyak nilai nilai dimasyarakat yang mulai memudar, yang mungkin akan mempengaruhi dalam mendidik anak. Pendidikan anak seperti apa yang saat ini dibutuhkan? 

pendidikan karakter adalah salah satu gagasan yang dapat diterapkan kaum milenial dalam mendidik anak. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mendidik anak memahami serta mau melakukan nilai nilai baik dan bukan hanya mengajarkan mana yang benar maupun salah.  Pendidikan karakter diharapkan dapat diterapkan sejak dini karena dapat membantu anak dalam mengembangkan potensi pada dirinya. selain itu, pendidikan karakter diharapkan dapat membantu anak dalam mengolah emosinya. jika anak memiliki kecerdasan emosi yang baik, kedepannya sang anak dapat menyongsong masa depan yang siap akan tantangan, baik secara akademis maupun tantangan perubahan moral yang terdapat di lingkungan.

Pendidikan karakter sejak dini dapat dimulai dalam keluarga inti karena anak berinteraksi pertama kali dengan lingkungan keluarga dan kemudian dapat dikembangkan kembali di sekolah. penerapan pendidikan karakter pada anak yang dilakukan dalam keluarga dapat dijadikan pondasi anak ketika berada di lingkungan luar. oleh karena itu, pendidikan karakter dalam keluarga harus kuat. karena jika pondasi dalam keluarga tidak kuat, maka anak akan mudah mengikuti pengaruh dari luar tanpa menyaring terlebih dahulu mana yang baik dan mana yang buruk. jadi, pendidikan karakter sangatlah penting dalam menyiapkan anak-anak yang mampu menghadapi tantangan zaman ke depan.

VIDEO PILIHAN