Mohon tunggu...
Septian Maulana
Septian Maulana Mohon Tunggu... Wiraswasta - everything is connected

do it to be better

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Reformasi Digital dan Rebranding Produk Mampu Tingkatkan Lini Akses UMKM Bayur Coffee

3 Desember 2021   22:24 Diperbarui: 3 Desember 2021   22:39 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ditengah transformasi digital, 36% UMKM di Indonesia justru masih menggunakan metode pemasaran konvensional dan hanya 18% UMKM yang dapat menggunakan media sosial dan website (Delloite Access Economics, 2021). Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi dan kecakapan penggunaan media elektronik, pelaku UMKM sulit memahami perilaku konsumen online, dan perubahan teknologi yang sangat pesat.

Reformasi digital di sebagian besar sektor melatarbelakangi perubahan perilaku konsumen. Ketersediaan akses internet, peningkatan jumlah pengguna gadget, peningkatan intensitas screen-time, mendorong pemasar untuk mengadopsi teknologi digital sebagai media pemasaran demi menjangkau lini akses pasar yang lebih luas. Sangat dirasakan oleh UMKM Bayur Coffee sebagai industri makanan di Desa. Pakuniran Kab. Probolinggo ini sebagai produsen kopi yang diracik dengan beberapa rempah.

Akses digital memberikan infografis sebagai konsep digital marketing yang memenfaatkan area luas pada media, misalnya digital marketing melalui media sosial menjadi sarana paling ampuh untuk membangun merek akan suatu produk atau jasa. dapat menjangkau semua kalangan, kapanpun, dengan cara apapun, dan dimanapun, jauh lebih unggul dibandingkan dengan marketing konvensional yang terbatas waktu, lokasi, dan jangkauan pengguna.

Pak agus sebagai owner UMKM Bayur Coffee dalam penerapan digital marketingnya menggunakan sosial media organic sebagai media pemasaran. Sosial media organic merupakan saluran distribusi konten serta cara untuk terlibat secara proaktif dengan pelanggan. 

Sosial media organic dipilih sebab ingin membangun kredibilitas, terlibat dengan komunitas, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Selain itu, customer acquisition cost (CAC) untuk social media organic adalah rendah, sehingga modal usaha dapat dialokasikan untuk paid promotion.

Rebranding produk yang juga dilakukan UMKM Bayur Coffee sangat dirasakan setelah memiliki citra merek baru dari desain logo dan kemasan. Rebranding ialah sebuah kombinasi dari hal-hal baru dengan maksud mengembangkan suatu posisi yang baru dan berbeda di benak para pemangku kepentingan dan pesaing, dimana dalam hal tersebut meliputi penciptaan sebuah nama, logo dan desain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun