Mohon tunggu...
Septa Anastasia
Septa Anastasia Mohon Tunggu... Mahasiswi Untag SBY

Lahir dan besar di Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Di Era New Normal, Mahasiswa Untag Surabaya Melakukan Pendampingan Pendidikan dan Sosialisasi Protokol Kesehatan

5 Januari 2021   08:56 Diperbarui: 5 Januari 2021   08:57 53 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Di Era New Normal, Mahasiswa Untag Surabaya Melakukan Pendampingan Pendidikan dan Sosialisasi Protokol Kesehatan
Foto: Dokumentasi Pribadi

Meskipun sudah memasuki Era New Normal, tetapi tidak dapat dipungkiri tingkat penularan Covid-19 di Indonesia saat ini masih sangat tinggi. Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan melainkan juga dari segi ekonomi, pendidikan, hingga pemerintahan. Mahasiswa sebagai Social Control diharapkan mampu mengendalikan keadaan sosial yang ada di lingkungan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dan memiliki kepekaan dengan lingkungan sekitar.

Berdasarkan fenomena tersebut, Septa Anastasia Ade Artanti, mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, memberikan kontribusi dengan mengadakan belajar bersama di RT01/RW05, Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN yang terlaksana selama 12 hari ini (dalam rentang waktu tanggal 7 Desember 2020-7 Januari 2021) dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan Kusnan, S.AP.,M.KP.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk membantu para orang tua yang kurang mampu memberikan pengajaran yang maksimal kepada anak-anaknya dimasa pandemi ini dengan sistem daring," tutur Septa.

Lebih lanjut mahasiswa Administrasi Publik berharap pada program edukasi ini anak-anak dapat lebih memahami materi yang diberikan guru di sekolah dengan jelas dan baik. Selain itu, dengan cara belajar bersama dan bertemu teman-teman sebaya diharapkan anak-anak tidak merasa bosan dengan cara belajar di rumah.

"Selain daring, saya juga melakukan pendampingan edukasi secara konvensional, tetapi tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan," jelas Septa.

dok. pribadi
dok. pribadi
Tidak hanya dalam hal pendidikan, Septa juga menghimbau dan mengarahkan masyarakat sekitar untuk menerapkan protokol kesehatan di Era New Normal. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi dan membagikan masker serta hand sanitizer. Diharapkan kehidupan baru ini masyarakat dapat selalu menjaga kebersihan tidak hanya dilakukan di masa pandemi saja tetapi seterusnya.

   "Septa berharap kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bisa membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memutus rantai penyebaran virus Covid-19," tutup Septa.

#KitaUntagSurabaya 

#UntukIndonesia 

#UntagSurabayaKeren 

#EcoKampus 

#KampusKompeten

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x