Mohon tunggu...
Senny Pellokila
Senny Pellokila Mohon Tunggu... Kebun binatang safari

Perubahan yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Akhir Zaman (Yesus Pasti Datang)

3 Mei 2021   08:34 Diperbarui: 3 Mei 2021   08:43 124 1 0 Mohon Tunggu...

Kalau kita berbicara tentang doktrin akhir jaman maka dalam pemahaman kekristenan berhubungan dengan kedatangan Yesus kedua kali. Alkitab mencatat bahwa Yesus datang pertama dengan tujuan menebus dosa manusia, dan Dia datang kedua kali, sebagai hakim yang menghakimi seluruh manusia.

Sebagi orang yang telah percaya pada Tuhan Yesus, tentu kita sangat rindu menanti kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali, karena kita tahu kedatanganNya yang kedua untuk membawa kita menikmati kerajaan surga yang sangat indah. Hal inipun seperti ungkapan kerinduan dari Rasul Paulus dalam 2 timotius 4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

Tetapi apakah janji kedatangannya itu "past terjadi", seperti yang di katakan para malaikat : Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga. Kisah Para Rasul 1:11.

Hal ini perlu di ungkapkan karena ternyata dari jaman murid-murid janji kedatangan ini belum tergenapi. Tapi apakah tidak akan tergenapi ? Bagi saya pasti tergenapi, karena janji kedatangan yang kedua sudah di katakan berulang-ulang baik oleh Tuhan Yesus maupun oleh para rasul. Kalau suatu kalimat di katakan berulang-ulang berarti kalimat itu penting dan kalau kalimat itu di katakan oleh orang-orang yang berintegritas maka jangan di ragukan kebenarannya, apalagi yang mengatakan adalah Yesus yang mahakuasa maka itu pasti terjadi.

Misalnya, dalam Perjanjian Lama begitu banyak janji tentang kedatangan Yesus yang pertama, dan di penuhi secara tepat. Yesaya 7:14  mengatakan bahwa Yesus akan lahirkan dari seorang perempuan muda (perawan) dan juga Mikha 5 : 1 bahwa Dia akan di lahirkan di Betleham, semuanya tergenapi tepat seperti yang di katakan, berarti janji kedatanganNya yang kedua pasti juga akan tergenapi hanya belum tergenapi, karena Yesus maha kuasa maka tidak mungkin tidak tergenapi.

Kalau hanya para rasul yang mengatakan belum tentu tergenapi karena manusia tidak mahakuasa tetapi yang mengatakan adalah Yesus sendiri maka pasti tergenapi, oleh karena itu keyakinan para rasul  di dasarkan atas pernyataan Yesus sendiri.

Maka tidak boleh ada keraguan bahwa Yesus tidak mungkin datang kedua kali, bahkan yang Tuhan inginkan agar dalam hidup ini kita selalu berjaga-jaga dalam arti hidup kudus seperti apa yang Tuhan inginkan, karena kita tidak tahu secara pasti kapan Yesus akan datang.

Matius 24:38-39 "Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, 39 dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia". Jadi anak manusia pasti datang kedua kalinya maka kita harus terus berjaga-jaga karena waktuNya tidak di ketahui oleh kita.

Tuhan Yesus juga berkata dalam Matius 24:44 "Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga". Berarti Dia pasti akan datang hanya waktunya yang tidak di ketahui.

Tetapi kalau selama kita hidup Yesus belum datang maka kitalah yang akan menjemput kedatanganNya melalui kematian kita. Karena pada waktu Yesus datang maka semua orang termasuk yang sudah mati akan di bangkitkan untuk menerima penghakiman, dan akan sangat berbahagia orang yang mati dan hidup di dalam Kristus

1 Thesalonika 4:16 "Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan". Jadi kita  sangat berbahagia karena hidup dan mati di dalam Kristus sehingga kita akan menikmati kerajaan sorga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN