Mohon tunggu...
Sendi Suwantoro
Sendi Suwantoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ketua SEMA FTIK IAIN Ponorogo 2023/2024

Jangan pernah meremehkan orang walaupun bersalah jangan memandang diri sendiri ketika punya kelebihan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Cara Merawat Kabel USB HP agar Awet dan Tahan Lama

9 Januari 2024   18:05 Diperbarui: 9 Januari 2024   18:21 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai seorang mahasiswa yang sering menggunakan laptop dan ponsel, saya sering menggunakan kabel USB untuk mengisi daya perangkat saya. Saya pernah mengalami beberapa kali kabel USB saya rusak, baik karena putus, terkelupas, atau bahkan terbakar. Hal ini tentu saja membuat saya kesal dan harus membeli kabel baru.

Setelah beberapa kali mengalami hal tersebut, saya mulai belajar cara merawat kabel USB agar awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips yang saya pelajari:

1. Hindari menekuk kabel secara berlebihan

Kabel USB terbuat dari bahan yang cukup lentur, tetapi tetap rentan rusak jika ditekuk secara berlebihan. Usahakan untuk tidak menekuk kabel USB di sudut yang terlalu tajam, karena dapat menyebabkan kabel putus.

2. Jangan menggulung kabel terlalu kencang

Gulir kabel USB dengan hati-hati dan jangan terlalu kencang. Guliran yang terlalu kencang dapat menyebabkan kabel rusak, terutama di bagian ujungnya.

3. Hindari menggunakan kabel USB yang kotor

Kabel USB yang kotor dapat menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran. Debu dan kotoran tersebut dapat menghambat aliran listrik dan menyebabkan kabel rusak. Bersihkan kabel USB secara rutin dengan kain bersih atau tisu basah.

4. Simpan kabel USB di tempat yang aman

Simpan kabel USB di tempat yang aman, jauh dari benda-benda tajam atau panas. Hindari menyimpan kabel USB di dalam tas atau saku bersama dengan benda-benda lain yang dapat merusaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun