Mohon tunggu...
Selomita Dianing
Selomita Dianing Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa semester 1. hobi saya memasak, makan, menggambar.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran P5

17 Desember 2023   21:05 Diperbarui: 17 Desember 2023   23:05 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang sudah kita kenal dengan istilah P5 adalah kegiatan kokurikuler yang ada dalam Kurikulum Merdeka. P5 adalah  pembelajaran lintas disiplin ilmu yang dirancang untuk memperkuat upaya dalam mencapai kompetensi dan karakter yang mencerminkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. P5 merupakan paradigma baru dengan pembelajaran berbasis proyek.

Melalui P5, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari banyak hal tentang isu-isu yang ada di sekitar sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata untuk menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahap belajar dan kebutuhan masing-masing. Dengan P5 ini, karakter peserta didik sebagai seorang Pelajar Pancasila akan semakin kuat.

Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia. Profil pelajar Pancasila memiliki beragam kompetensi yang dirumuskan menjadi enam dimensi kunci yaitu:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

2. Berkebhinekaan global.

3. Bergotong-royong.

4. Mandiri.

5. Bernalar kritis.

6. Kreatif.

Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya seluruh dimensi tersebut secara bersamaan.

P5 tentunya memiliki banyak sekali peran dalam pembelajaran siswa. Ada banyak sekali manfaat dan peran P5, yaitu bisa menciptakan dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menghadapi masalah yang ada, meningkatkan partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, meningkatkan daya pikir peserta didik, dan meningkatkan kemandirian peserta didik dalam memilih minat bakat mereka yang sesuai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun