Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Setetes embun pagi

Bahagia berkarya dan berbagi sebagai wujud rasa syukur

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pantai Batu Dinding, Pantai Cantik Eksotik di Pulau Bangka

5 Juli 2021   06:00 Diperbarui: 5 Juli 2021   14:09 184 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pantai Batu Dinding, Pantai Cantik Eksotik di Pulau Bangka
Ilustrasi Pantai Batu Dinding Bangka. (Dokumentasi pribadi)

Pulau Bangka menyimpan kekayaan alam yang melimpah. Tak hanya terkenal dengan produksi timahnya, Bangka juga terkenal dengan gugusan pantainya yang cantik mempesona.

Ada satu pantai yang belum banyak diketahui traveler dari luar Pulau Bangka, yaitu Pantai Batu Dinding. Pantai Batu Dinding berada di bagian utara Pulau Bangka, tepatnya di Desa Mantung Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Konon Nama Pantai Batu Dinding berasal dari bongkahan batu granit yang sangat besar menyerupai dinding yang menjadi ikon pantai itu. Bentuk batunya seperti batu belimbing, yaitu sejenis bebatuan memiliki guratan-guratan di bagian sisinya seperti buah belimbing.

Pagi ini saya memutuskan untuk mengunjungi Pantai Batu Dinding. Dari hotel tempat saya menginap, yaitu Hotel Centrum di Pangkal Pinang, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan mengendarai mobil.

Lokasi menuju pantai tersebut bisa dikatakan lancar, jalan mulus meski ada beberapa ruas jalan yang tidak begitu lebar. Apalagi saat mendekati lokasi pantai, kita seperti memasuki jalan kecil di perkampungan penduduk. Untungnya driver kami adalah penduduk lokal, sehingga tak menjadi masalah berarti.

Kami berangkat pukul delapan pagi dan tiba di lokasi sekitar pukul sepuluh, tepat dibukanya area pantai untuk pengunjung. 

Kondisi area di depan pantai

Ilustrasi pintu masuk Pantai Batu Dinding, Bangka. (Dokumentasi pribadi)
Ilustrasi pintu masuk Pantai Batu Dinding, Bangka. (Dokumentasi pribadi)
Kondisi area depan pantai sangat sederhana, hanya ditandai semacam gapura kecil di kanan kiri, mirip area depan rumah penduduk biasa. Di dalamnya ada area parkir yang tidak begitu luas untuk ukuran tempat wisata

Begitu turun dari mobil, kita langsung disambut pemandangan berupa taman yang sangat asri. Di bagian depan tampak hanya dijaga oleh satu orang penjaga tanpa berpakaian seragam, lalu ada sebuah kotak menyerupai kotak amal. Tidak ada karcis masuk dan biaya parkir, pengunjung cukup mengisi kotak itu seikhlasnya.

Kami pun segera melangkahkan kaki menuju taman yang ditumbuhi aneka tanaman, ada pohon kelapa dan pohon lainnya. Suasana makin asri dengan adanya rumput hijau yang tumbuh terawat.

Ilustrasi taman di depan Pantai Batu Dinding. Dokumentasi Pribadi.
Ilustrasi taman di depan Pantai Batu Dinding. Dokumentasi Pribadi.
Bila kita semakin masuk ke dalam, maka kita akan bisa melihat laut yang berada di bawah taman ini.

Ilustrasi laut yang terlihat dari taman. (Dokumentasi pribadi)
Ilustrasi laut yang terlihat dari taman. (Dokumentasi pribadi)
Di sekitar taman juga ada beberapa batu berukuran besar. Dari taman ini kita bisa melihat laut yang berada di bawah. Oh, ternyata lokasi Pantai Batu Dinding berada di bagian bawah taman ini. Kami segera menyusuri jalan setapak yang menuju ke bawah. Jalan menuju bawah hanya berupa tanah yang menurun, disarankan untuk berhati-hati saat menuruni tebing menuju pantai ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN