Mohon tunggu...
Sekar Nitimihardjo
Sekar Nitimihardjo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Iseng-iseng nulis. Suka banget nonton bioskop, jalan-jalan, kuliner, dan fotografi.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Stranger Things" Terinspirasi dari Kisah Nyata? Proyek Montauk: Eksperimen Terhadap Anak-Anak dengan Kekuatan Super

11 Juli 2022   13:20 Diperbarui: 19 Juli 2022   20:14 746 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://en.wikipedia.org/wiki/Montauk,_New_York

Pada mulanya, serial Stranger Things sempat diberi nama Montauk. Kata ‘Montauk’ sendiri berasal dari nama sebuah daerah di Amerika Serikat yang terkenal dengan konspirasi The Montauk Project. Berdasarkan sejumlah sumber, diketahui bahwa Proyek Montauk ini merupakan proyek rahasia yang dikerjakan oleh Pemerintah Amerika Serikat di daerah Montauk, tepatnya di Pangkalan Angkatan Udara atau yang lebih dikenal dengan istilah Camp Hero. Desas-desus Proyek Montauk ini mulai banyak diperbincangkan pada pertengahan 1980-an.

https://nypost.com/article/camp-hero-montauk-project-conspiracy/
https://nypost.com/article/camp-hero-montauk-project-conspiracy/

Proyek Montauk yang dijalankan di Camp Hero ini diduga memiliki tujuan membuat sebuah senjata dengan memanfaatkan kekuatan psikis seperti pengendalian pikiran, telepati, pembuatan portal ruang dan waktu yang bisa digunakan untuk melintasi bahkan mengunjungi dimensi lain, dan lain sebagainya. Salah satu eksperimennya yang paling terkenal adalah “The Seeing Eye”, tahapan praktiknya adalah berfokus pada suatu objek di sekitarnya kemudian berkonsentrasi penuh pada bayangan target orang yang ingin ditujunya maka nanti ia akan dapat benar-benar tahu dimana targetnya berada, apa yang sedang targetnya lihat dan dengar dimana saja di planet ini.

https://culturacolectiva.com/technology/what-is-montauk-project/
https://culturacolectiva.com/technology/what-is-montauk-project/

Selain itu, guna mendukung kelancaran dari eksperimen yang sedang dijalankan mereka membuat sebuah perangkat untuk memaksimalkan kekuatan psikis sang anak. Perangkat tersebut dinamai dengan istilah 'Montauk Chair'.

https://montaukhistoricalsociety.org/
https://montaukhistoricalsociety.org/

Subjek utama dari Proyek Montauk ini adalah anak-anak yang memiliki kekuatan super atau kekuatan psikis yang spesial. Penculikan anak merupakan isu yang erat kaitannya dengan eksperimen yang dijalankan di Camp Hero tersebut. Korban penculikan ini dikenal dengan istilah “Montauk Boys”, mereka yang diincar biasanya adalah anak laki-laki yang “tidak diinginkan” seperti anak yatim piatu, anak pelarian, atau pecandu narkoba–dimana mereka digolongkan sebagai anak yang tidak akan dicari oleh siapapun apabila hilang.

https://www.goldenspiralmedia.com/tstp-007-the-bathtub
https://www.goldenspiralmedia.com/tstp-007-the-bathtub

Berdasarkan uraian di atas, dapat dilihat beberapa keserupaan antara Proyek Montauk ini dengan serial Stranger Things. Diantaranya adalah eksperimen “The Seeing Eye” yang mana serupa dengan adegan dimana Eleven berusaha melihat ataupun mencari temannya dengan memanfaatkan kekuatan psikisnya. Selain itu, “Montauk Chair” pada serial Stranger Things dapat diibaratkan dengan bak air yang biasanya digunakan Eleven untuk memaksimalkan upayanya–lagi dan lagi–dalam mengoptimalkan kekuatan yang dimilikinya.

https://www.toylabs.us/2017/10/how-montauk-project-inspired-stranger.html
https://www.toylabs.us/2017/10/how-montauk-project-inspired-stranger.html

Proyek Montauk ini dikatakan termasuk kedalam sebuah teori konspirasi karena tidak ada bukti konkret yang dapat membuktikan keberadaannya. Beberapa sumber yang dapat diakses apabila tertarik pada Proyek Montauk ini adalah serangkaian buku karangan Preston B. Nichols, yang mengaku sebagai mantan pekerja di Proyek Montauk, berjudul The Montauk Project: Experiments in Time (1982).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan