Mohon tunggu...
Sejahtera Girsang
Sejahtera Girsang Mohon Tunggu... penyuluh kampung

Hidup indah, berguna dan senantiasa bersyukur bahagia. Terima kasih kepada Sang Pencipta

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Cerdas di Tengah Ketidakpastian

23 Mei 2020   21:14 Diperbarui: 23 Mei 2020   21:15 20 0 0 Mohon Tunggu...

Berdamai dengan Corona maksudnya adalah patuh terhadap protokol kesehatan. Ditegaskan bahwa pola hidup masyarakat pun harus berubah lebih sehat dan bersih.

New normal adalah hidup sesuai protokol kesehatan untuk mencegah virus Corona. Karena itu, jaga jarak hingga menggunakan masker, cuci tangan/wajah wajib menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

"New normal, yang berkembang adalah menuju digitalisasi, tapi memang tak semua bisa digitalisasi," sehingga bekerja secara efisien, artinya suatu profesi bisa memiliki ragam kemampuan. Ini karena ke depannya tuntutan era New Normal tenaga kerja harus punya skill yang beragam dan itu bisa ditopang dari pendidikan vokasi seperti Diploma III, yang lebih responsif dari kebutuhan pasar industri dan UMKM.

Contoh pendidikan vokasi seperti di luar negeri, seorang profesi insinyur penerbangan tapi kemampuan dasarnya justru ahli las. Selain itu, pekerja keamanan, bisa punya kemampuan P3K dan lainnya.

Kemudian berbagi informasi, pengetahuan, dan pelajaran yang diperoleh tentang langkah-langkah yang harus diambil para pekerja / pengusaha menjalani dunia kerja digital dalam kondisi new normal (ditengah ancaman pandemi covid-19).

Mempromosikan kerja sama dan pertukaran ilmu pengetahuan, teknologi, informasi digital, termasuk peluang, ide, kreatifitas, inovasi dan setiap perubahan secepat mungkin untuk patuh menegakkan dan memperkuat sistem kerja digital yang terukur sehingga keamanan / keselamatan dan kesehatan bekerja seraya menjalin komunikasi antara semua pihak dalam merintis pergerakan ekonomi baru sekaligus profesi di tengah kewaspadaan terhadap pandemi covid 19.

Camkan bahwa tak perlu takut apapun! Namun tidak pernah memulai masalah dan tidak pernah takut ketika masalah datang sepanjang kita mengikuti dengan benar protokol kesehatan dan aturan yang benar. Setiap pribadi dengan tegas harus mempertahankan kepentingan kesehatan, keamanan dan keselamatannya dalam dunia kerja maupun dunia usaha yang dijalani.. serta turut membangun pribadi, keluarga, kelompok dan negara Indonesia dalam situasi apapun juga !

VIDEO PILIHAN