Mohon tunggu...
Scoundrell Scooter
Scoundrell Scooter Mohon Tunggu...

jauhkan korupsi diantara kita

Selanjutnya

Tutup

Bola

AFF Liga Champions ASEAN

10 April 2018   04:10 Diperbarui: 10 April 2018   04:33 2011 5 2 Mohon Tunggu...

Liga Sepakbola ASEAN Semakin Berkembang

Melihat perkembangan sepakbola di Negara-negara ASEAN. Kemajuan sepakbola  di Negara-negara ASEAN mulai merata. Sekarang sepakbola ASEAN tidak hanya di dominasi oleh Indonesia, Thailand, Vietnam dan Malaysia saja.

Negara-negara seperti kamboja pun sekarang mulai unjuk gigi dan tidak bisa dianggap remeh lagi. Sebut saja tiga punggawa timnas kamboja Keo Sokpheng, Thierry Bin dan Chan Vathanaka yang bermain di liga Malaysia.

Sebuah kemajuan yang signifikan bagi pemain-pemain kamboja yang bisa bermain diluar negeri. Karena seperti yang sudah kita ketahui, kamboja selalu menjadi lumbung Gol bagi Negara-negara asi tenggara lainnya.

Selain kamboja, para pemain Myanmar pun ada yang bermain di luar negeri. Seperti Kyaw Ko Ko dan Aung Tu yang bermain di liga Thailand. Lalu alvaro silva dan misagh bahadoran pemain Filipina yang bermain di liga Malaysia. Tidak ketinggalan evan dimas, andik, Achmad, ilham dan Ferdinand yang juga bermain di liga Malaysia.

Liga Super Malaysia Layak Diacungi Jempol

Salut buat Malaysia yang menerapkan aturan baru tentang regulasi pemain asing di liga super Malaysia. Dengan aturannya liga super Malaysia telah memberikan kesempatan kepada para pemain di Negara-negara ASEAN. Liga super Malaysia membolehkan setiap klubnya memakai 3 pemain asing dari Negara bebas, 1 pemain dari asia dan 1 pemain dari wilayah asia tenggara.

Liga Super Malaysia seharusnya menjadi contoh bagi liga-liga ASEAN lainnya seperti liga Thailand, liga Vietnam dan liga Indonesia tentunya. Karena selain memberikan kesempatan kepada pemain-pemain ASEAN, dengan sendirinya liga Malaysia bukan hanya dilihat oleh publik Malaysia saja tetapi juga dilihat oleh publik kamboja dan Filipina tentunya.

Alhasil kedepannya, klub-klub mendapat royalty dari hak siar dari luar negeri dan kemungkinan besar jersey klub-klubnya laris di pasaran Filipina dan kamboja.

Berikan Kesempatan Kepada Para Pemain Dari Asean

Sudah saatnya, AFF dan para klub-klub ASEAN memiliki tempat di hati insan pecinta sepakbola di asia tenggara. Karena dengan kemajuan sepakbola ASEAN berarti AFF, klub-klub ASEAN dan federasi-federasi sepakbola Negara-negara di wilayah asia tenggara tidak sia-sia menggelar sebuah liga nasional di negaranya masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN