Mohon tunggu...
Savira Fefi
Savira Fefi Mohon Tunggu... Mahasiswa PWK Unej

Masih belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Shift Share

5 Desember 2019   23:56 Diperbarui: 5 Desember 2019   23:57 5 0 0 Mohon Tunggu...

Suatu daerah pastilah memiliki keunggulan komparatifnya sendiri pada salah satu sektor perekonomiannya. Untuk menghitug keunggulan komparatif ini tidak dapat diukur berdasarkan regresi, namun harus dihitung menggunakan metode yang jelas. Metode yang banyak dipakai adalah metode shift share. Ananlisis shift share merupakan analisis sederhana yang digunakan untuk menentukan target sektor ekonomi dan menganalisis dampaknya. Jika suatu daerah mendapatkan kemajuan yang sesuai dengan kedudukannya pada perekonomian nasional, maka akan dapat ditemukan shift, yaitu pergeseran hasil pembangunan perekonomian daerah. Laju pertumbuhan sektor-sektor pada suatu wilayah akan dibandingkan dengan laju pertumbuhan perekonomian nasional beserta sektor-sektornya. Kemudian dilakukan suatu analisis kepada penyimpangan yang terjadi dan sebagai hasil dari perbandingan tersebut. Jika ditemukan penyimpangan itu positif, hal ini disebut sebagai keunggulan komparatif dari suatu sektor perekonomian dalam wilayah tersebut (Soepono, 1993:44).

Teknik analisis shift share ini membagi pertumbuhan sebagai perubahan suatu variabel wilayah, seperti tenaga kerja, nilai tambah, pendapatan atau output, selama kurun waktu tertentu menjadi pengaruh-pengaruh dibandingkan dengan pertumbuhan nasional, industri mix atau bauran industri, dan keunggulan kompetitif. Analisis ini sebagai analisis industri mix karena, komposisi industri yang ada pada suatu daerah sangat mempengaruhi laju pertumbuhan wilayah tersebut. Artinya, bahwa industri yang berlokasi di wilayah tersebut termasuk dalam kelompok industri yang secara nasional berkembang pesat dan apakah suatu industri tersebut cocok berlokasi di wilayah itu atau tidak.

Terdapat tiga bagian didalam analisi shift share yaitu:

  • Regional Share merupakan komponen terkait pertumbuhan ekonomi daerah yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti adanya peningkatan kegiatan ekonomi regional akibat adanya kebijakan tertentu dalam suatu daerah
  • Proporsional Shift merupakan komponen pertumbuhan ekonomi daerah yang diakibatkan oleh adanya struktur ekonomi daerah yang baik
  • Differential Shift yaitu komponen pertumbuhan ekonomi daerah dikarenakan kondisi spesifik yang sifatnya kompetitif. Adanya kompetitif inilah yang mendorong pertumbuhan ekspor daerah

Analisis shift share ini memiliki beberapa keunggulan, yang pertama adalah analisis ini termasuk dalam golongan sederhana. Namun, analisis ini cukup memberikan gambaran terkait perubahan struktur ekonomi yang sedang terjadi. Yang kedua, mempermudah seorang pemula didalam mempelajari struktur perekonomian dengan cepat. Yang terakhir adalah dapat memberikan gambaran terkait pertumbuhan ekonomi dan perubahan struktur yang cukup akurat.

Kelemahan dari adanya analisis ini adalah hanya dapat digunkn dalam analisis ex-post, masalah benchmark berkenaan dengan homothetic change yang mana t atau (t+1) tidak dapat dijelaskan dengan baik, terdapat data periode waktu tertentu ditengah periode pengamatan yang tak terungkap, membutuhkn analisis yang lebih lanjut apabila digunakan untuk proyeksi, tidak dapat digunakan untuk melihat keterkaitan antar sektor, dan tidak terdapat keterkaitan antar daerah.

Analisis shift share ini dapat diterapkan untuk mengkaji pergeseran struktur perekonomian daerah dengan memperhatikan perekonomian daerah yang ada, dengan lebih tinggi. Analisis shift share contohnya digunakan untuk menganalisis pergeseran struktur perekonomian tingkat kabupaten atau kota dengan cara memperhatikan perekonomian tingkat provinsi di atasnya atau dengan cara menganalisis pergeseran struktur perekonomian tingkat provinsi dengan memperhatikan perekonomian nasionalnya.

VIDEO PILIHAN