Mohon tunggu...
Sasqia Faradila
Sasqia Faradila Mohon Tunggu... akun milik sasqi

enjoy without limits

Selanjutnya

Tutup

Film

Kritik Film Pendek "Berubah"

9 Maret 2021   14:50 Diperbarui: 9 Maret 2021   18:00 818 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kritik Film Pendek "Berubah"
screenshoot pribadi

Film pendek dengan judul "Berubah" merupakan film pendek Kemendikbud tahun 2017 yang diproduksi oleh Cube Films dalam channel youtubenya. Film ini berdurasi 9 menit dengan dua tokoh utama yang merupakan anak kelas tiga SMP. 

Film ini menceritakan dua anak SMP yang keadaan sosialnya berbeda. Yang satu hidup dalam keadaan keluarga yang serba kecukupan, yaitu Akmal. Sedangkan, Rizki merupakan anak yatim piatu yang hidup serba sendiri.

Dalam film diceritakan pada hari pertama Akmal dan Rizki sekolah, mereka terlambat datang ke sekolah sehingga mereka tidak bisa masuk kedalam sekolah. 

Hari itu, Rizki senang karena ia bisa bertemu seorang teman. Namun, dalam hati Akmal dirinya tidak ingin berteman dengan Rizki sebab ia melihat penampilan Rizki yang tampak dekil dan dianggap cerewet serta so dekat.

Tetapi, pada suatu hari ketika sepulang dari sekolah, Akmal tiba-tiba ingat kepada Rizki begitu saja. Ia berpikiran megapa Rizki selalu tampak bahagia hidupnya juga dirinya sosok yang begitu periang padahal belum tentu dengan keadaannya yang kekurangan Rizki bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mudah seperti dirinya.

Akmal lalu memutuskan untuk membuntuti Rizki. Ia mengintip ke dalam rumah Rizki dan ia mendapati Rizki yang sedang membersihkan rumah seorang diri. 

Beberapa waktu kemudian, Rizki pergi keluar rumah. Akmal membuntutinya lagi. Akmal melihat, Rizki mendatangi seorang pedagang koran, lalu Rizki membawa koran-koran itu ke pertigaan tepatnya di lampu merah. Rizki berjualan koran disana. Setelah korannya habis, Rizki memberikan uang hasil jualannya ke pedagang koran tadi dan pedagang koran tersebut memberinya upah. 

Hasil dari upah tersebut, Rizki belikan makan. Yang mengejutkannya lagi, Akmal melihat ketika berjalan pulang, Rizki mendapati seorang pengemis lalu diberikanlah satu makanan yang dibelinya tadi.

Dari situlah Akmal merasa tertampar. Ia terlalu meremehkan Rizki. Ia malu pada dirinya sendiri. Semenjak itulah, Akmal sadar bahwa dirinya bisa bahagia apabila dia bisa hidup mandiri dan peduli pada kehidupan orang lain. Ia pun akhirnya bertekad untuk berubah menjadi lebih baik dari dirinya yang dulu.

Jika ditonton hingga akhir film pendek berdurasi 9 menit ini memberikan kita beberapa pelajaran hidup. Dari cerita dalam film ini, kita bisa mendapatkan pelajaran bahwa kita tidak boleh meremehkan orang lain, bagaimana pun keadaan orang lain kita tetap harus bisa menghargai. Kita juga diajarkan untuk lebih peduli lagi kepada orang lain disekitar kita. Kita juga perlu hidup mandiri dan mau bekerja keras atau berusaha untuk kemajuan diri kita sendiri. Dalam hidup, kita hanya perlu memperbanyak bersyukur bukan mengeluh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x