Mohon tunggu...
Nur Annisa Hamid
Nur Annisa Hamid Mohon Tunggu... blogger dan content creator

seorang wanita yang hobi travelling, menulis dan menyukai anak-anak selalu berfikir positif dan bersyukur dalam segala hal

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Kopdar Bebas Berbagi: Dengan Manajemen Keuangan yang Tepat Bisa Merubah Passion Menjadi Bisnis

26 September 2015   09:21 Diperbarui: 26 September 2015   10:16 0 1 1 Mohon Tunggu...

Setiap orang dilahirkan memiliki passion yang berbeda-beda. Ada yang memiliki passion di bidang musik, olahraga, kuliner, matematika dan lainnya. Passion tidak sekedar hobi atau minat yang dilakukan di waktu luang namun jika diasah dan dilatih terus menerus maka akan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Namun tidak semua orang mengetahui passion dalam dirinya dan menjadikannya sebuah bisnis yang digeluti secara serius. Banyak juga yang menjadikan passion sebagai bisnis namun karena kurang terencana dengan baik dan pengelolaan keuangan teratur maka terhenti di tengah jalan.

Sebagai salah satu perusahaan asuransi Jiwa, FWD Life memiliki komitmen dalam mengedukasi masyarakat pentingnya manajemen keuangan dan bisnis bagi wirausahawan muda. Melihat banyaknya generasi muda yang produktif dan memiliki passion yang potensial, maka FWD pun memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk mewujudkan passionnya menjadi bisnis profesional. Ribuan peserta pun mendaftar melalui fanpage FWD Life sampai akhir pertengahan September 2015. Tidak mudah memilih ribuan ide dari berbagai kota di Indonesia sampai akhirnya terpilih enam besar yang akan mempresentasikan idenya dan akan mendapat pelatihan manajemen keuangan dari perusahaan yang berpengalaman.

FWD Life bekerja sama dengan Dreamlab Indonesia untuk memilih enam proposal terbaik berdasarkan inovasi, originalitas dan kesinambungan. Enam finalis yang yang terpilih akan mempresentasikan proposal dan ide mereka di depan investor dan komunitas saat kopdar #BebasBerbagi berlangsung. Dan saat kopdar berlangsung tanggal 19 September 2015 di Kopitiam SCBD hanya lima finalis yang datang dan mempresentasikan proposal bisnisnya.

Masing –masing finalis memiliki proposal bisnis yang unik dan potensial untuk dijalankan antara lain : mobile aplikasi plua yang memberikan informasi peluang, manajemen penyanyi Star Wannabe yang memberikan pendampingan mental dan skill untuk penyanyi, Rumah MC agency yang menaungi MC pemula dan profesional, Rumah Kayu berupa bisnis tas, dompet dari kayu yang tidak ditebang, dan StarBooks berupa kedai kopi khas Lampung yang memberdayakan petani lokal dan mendonasikan keuntungannya untuk memberikan buku bagi anak-anak sekitar.

Masing-masing finalis mempresentasikan proposalnya selama sepuluh menit dan menjawab pertanyaan dari masing-masing juri. Yang menarik perhatian juri adalah mobile aplikasi Plua karena sekarang sedang tren mobile aplikasi di kota-kota besar di Indonesia dan perlu lebih spesifik informasi apa yang ingin disediakan bagi penggunanya. Sesi selanjutnya pemaparan singkat dari Dedy Dahlan pendiri Passionpreneur Academy mengatakan kalau selama ini banyak orang yang menganggap hobi sama dengan passion. Sedangkan passion ialah memiliki dorongan dari dalam diri yang tidak bisa ditolak dan lebih intens daripada hobi. Nah yang menjadi pertanyaan ialah apakah dari passion bisa menghasilkan uang?? Ternyata ada seorang yang bisa mendapatkan uang jutaan dollar dari youtube hanya dari video yang menampilkan ia bermain game setiap harinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x