Saris D Pamungki
Saris D Pamungki Pewarta Sosial

Beda Tapi Tak Sama dan sendiri nyali teruji, dua kata buat penyulut semangat diri

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Keluarga Hebat, Negara Kuat

9 Juli 2018   21:46 Diperbarui: 9 Juli 2018   22:03 233 0 0
Keluarga Hebat, Negara Kuat
Dokumentasi Pribadi

Oleh. Agustin Hariyani, Pendamping SosialĀ 

Setiap kali selesai pertemuan kelompok dengan keluarga dampingan, selalu saja ada harapan yang terlantunkan bahwa, semoga pertemuan ini ada manfaatnya dan terpenting membuat mereka menyadari akan hal kecil yang sering kali terlupakan diantara himpitan beban ekonomi dan permasalahan keluarga.

Hal kecil itu adalah, Seorang Ibu yang ingin membahagiakan keluarga harus merasa bahagia terlebih dahulu. Tanpa itu semua keikhlasan dan pengorbanannya seperti oase di padang tandus.

Seorang ibu yang melahirkan generasi terbaik harus dibekali dengan kesadaran, pengetahuan dan wawasan yang memadai mengenai pentingnya menjaga kesehatan, pentingnya pendidikan, mengasuh dan mendidik anak, mengelola keuangan keluarga, pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Mungkin bagi kebanyakan orang hal itu terdengar dan terlihat klise dan tidak penting. Namun bayangkan, bagaimana negeri ini akan makmur sejahtera kalau setiap keluarga tidak disiapkan untuk menjadi mampu dan mau merubah nasib mereka sendiri.

Ya, setiap mereka pulang pertemuan kelompok. Ada doa dan harapan yang terhamparkan, Semoga perjumpaan ini bermanfaat dan agar mereka bulan depan datang kembali, syukur-syukur mereka kangen dan menantikanku seperti biasanya

Perberdayaan keluarga dan perempuan adalah perjuangan panjang yang sulit diungkapkan, namun keindahan yang menyertai saat melakukannya juga sulit dideskripsikan.

Bahwa sebuah negara yang kuat harus dimulai dari keluarga yang hebat, dan itu semua ada ditangan ibu yang hebat.

Salam Pendampingan