Mohon tunggu...
Sarianto Togatorop
Sarianto Togatorop Mohon Tunggu... Pengajar yang menyukai kebebasan

Seseorang yang tak tahu kalau dia ada

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Sulitnya Menemukan Buah Teratai Saat Ini

6 Juli 2020   21:29 Diperbarui: 6 Juli 2020   21:27 70 20 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sulitnya Menemukan Buah Teratai Saat Ini
Buah Teratai (sumber: pixabay.com)

Jika ditanya buah apa yang saat ini sulit saya temukan, maka buah teratai akan menjadi nama buah di daftar teratas. Buah unik dengan banyak mata ini sudah jarang di temukan, bahkan sepertinya sudah hampir tidak mungkin di temukan di daerah saya.

Dulu, saat saya masih anak-anak, kami pernah mencari buah teratai hingga jauh ke persawahan yang sudah tidak ditananmi. Jaraknya sangat jauh, namun namanya anak-anak di kampung, itu adalah sebuah tantangan.

Teratai biasanya hidup di daerah yang selalu tergenang air. Daerah persawahan yang sering tergenang air biasanya sering ditumbuhi teratai. Apalagi jika persawahan yang dibiarkan terbengkalai sehingga tanaman teratai tumbuh bebas karena tidak dibersihakan.

Bagi petani, tanaman ini memang menjadi hama jika tumbuh di lahan persawahan. Oleh karena itu, jika tumbuh di sawah biasanya akan dimusnahkan. Masa jeda tanam padi biasanya menjadi kesempatan bagi teratai untuk tumbuh di sawah yang selalu tergenang air.

Namun sekarang tanaman ini sudah sulit untuk di temukan. Teratai saat ini mungkin hanya ditemukan di kolam-kolam taman, di tepian danau atau di daerah lain yang tergenang air. Berubahnya lahan pertanian menjadi lahan perkebunan sawit menjadi salah satu penyebab punahnya tanaman ini.

Masih lekat dalam ingatan saya, dulu kami ramai-ramai mencari buah teratai. Setiap anak membawa sendiri karungnya, dengan menggunakan kaos lengan panjang dan celana panjang untuk menghindari tangan dan kaki terkenan tanaman berduri di sekitar tanaman teratai.

Setelah terkumpul maka untuk menghindari kelelahan mengangkut teratai yang jumlahnya banyak, maka kami memilih mengapungkannya di sungai yang arusnya mengalir menuju perkampungan. 

Jadi kami sambil berenang akan mengikut arus sungai untuk pulang. Saat sampai di kampung, teratai yang didapat pun dibagi-bagi. Sungguh menyenangkan.

Nelumbo nucifera

Tanaman Teratai (Sumber: pixabay.com)
Tanaman Teratai (Sumber: pixabay.com)
Buah teratai berasal dari tanaman teratai dengan nama ilmiah Nelumbo nucifera dari keluarga Nymphaea. Tanaman ini unik karena tumbuh di permukaan air, dengan akar memanjang hingga ke tanah dan daunnya mengapung di permukaan air. Keunikan lain, daun teratai ini punya lapisan yang menyebabkan daun tidak basah jika terkena air.

Tanaman ini hanya dapat tumbuh di tempat berair dangkal yang memungkinkan akar tanaman dapat menyentuh tanah walau daunnya berada di permukaan air. Sebuah bunga akan tumbuh tinggi dengan batang bunga yang tumbuh menjulang. Warna bunga teratai sangat cantik, biasanya berwarna putih, merah muda atau kuning.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x