Mohon tunggu...
Sardo Sinaga
Sardo Sinaga Mohon Tunggu... Freelancer - Bataknese

Pecinta Sejarah dan Ilmu Budaya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Sejarah dan Perkembangan Buku

11 Oktober 2021   17:17 Diperbarui: 12 Oktober 2021   01:00 226 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ada yang suka baca buku? Membaca buku dizaman sekarang menjadi sebuah hobi yang bisa menyegarkan diri kita. Selain membaca buku, banyak penulis yang menjadikan penulis sebagai pekerjaan. Banyak jenis buku saat ini yang bisa kita pilih. 

Saat ini, buku bisa ditemukan sangat mudah peredarannya. Jika ingin membaca buku dengan gratis, kita bisa pergi ke perpustakaan dan bisa meminjam buku tersebut. Namun membaca atau meminjam buku di perpustakaan, kita dibatasi oleh waktu untuk meminjamnya. 

Terlebih lagi tak semua buku ada di perpustakaan. Belum lagi jika ada, kita akan rebutan dengan orang yang akan membacanya. Sehingga membeli buku juga ditoko buku seperti Gramedia, Togamas, dan berbagai toko buku terkait. 

Selain itu, E-Book juga bisa menjadi pilihan jika malas untuk pergi ke toko buku. Atau mungkin kita bisa mencarinya di media market place secara online. Berkat teknologi, kita bisa mengakses buku atau informasi yang ingin kita cari. Namun apakah kita tahu sejarah terbentuknya buku yang bisa dinikmati? 

Baca juga: Pilihan Sulit antara Buku Fisik dan Buku Digital

Gambar tersebut diambil dari akun instagram @hieroglifosegipcios
Gambar tersebut diambil dari akun instagram @hieroglifosegipcios
Peradaban Mesir Kuno

Pada 2400 tahun lalu, dijelaskan bahwa bangsa Mesir Kuno merupakan bangsa pertama dalam mencetak tulisan. Istilah tersebut bernama Hieroglif yang berupa gambar atau tulisan. Tulisan Hieroglif ini menceritakan keadaan sosial bangsa Mesir saat itu. 

Selain menggambarkan kehidupan sosial, bentuk hieroglif ini sifatnya ritual keagamaan setempat. Tulisan tersebut biasanya ditulis pada bangunan milik Kerajaan Mesir dan batu sebagai media tulisan. Seperti yang kita tahu, bangsa Mesir Kuno mempunyai kepercayaan terhadap Dewa. 

Gambar tersebut diambil dari akun instagram @giuliarenis
Gambar tersebut diambil dari akun instagram @giuliarenis

Gulungan Sebagai  Tulis Wadah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan