Mohon tunggu...
Santri anggraini
Santri anggraini Mohon Tunggu... .

.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Mengenal Makanan Tradisional Khas Daerah Kuantan Singingi

23 Februari 2021   23:09 Diperbarui: 23 Februari 2021   23:47 112 2 0 Mohon Tunggu...

Kabupaten Kuantan Singingi atau sekarang lebih dikenal dengan singkatan Kuansing, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Kabupaten Kuansing disebut pula Rantau Kuantan.

Ibukota kabupaten ini adalah Taluk Kuantan. Kabupaten Kuantan Singingi berada dibagian selatan Propinsi Riau dan terletak pada jalur tengah lintas Sumatera.

Kuliner daerah  merupakan bagian dari kebudayaan masyarakat. Menilik jajanan tradisional, sama halnya dengan membaca kultur masyarakat Indonesia dengan ragam kebudayaannya. Beragam jajanan tradisional biasanya terkait dengan upacara adat.  

Resep masakan-masakan sangat dibutuhkan sebagai suatu sarana yang dapat menuntun pada proses penyiapan bahan-bahan masakan, cara pembuatan serta penyajian agar menghasilkan masakan dengan cita rasa lezat, nikmat, dan menarik. Resep masakan yang hanya didapatkan turun temurun dari orang tua terkadang terlupakan karena padatnya aktifitas seseorang. Resep masakan yang dapat diakses setiap saat sangat dibutuhkan, sehingga dapat mempermudah dalam proses masak- memasak.

berikut ini sedikit resep makanan khas tradisional dari kabupaten kuantan Singingi. Berbagai macam makanan dari Kuantan singingi,diantaranya seperti sarang panyongek, konji barayak,wajik(Guajik) ,konji gisal,pulut kucung,kerupuk sagu,dan lain-lain.

1.Sarang panyongek 

  Sarang panyongek adalah sebuah sebutan dari masyarakat Kuantan singingi,sarang panyongek ini adalah salah satu makanan khas Kuantan singingi. Kue sarang panyongek ini adalah makanan manis yang cocok untuk penutup hidangan makanan,biasanya sarang panyongek jarang ditemukan hanya  disajikan dan dibuat  pada saat-saat tertentu saja,seperti  pada acara syukuran.sarang panyongek biasanya dapat bertahan lama jika disimpan dalam lemari pendingin(akan tetapi dalam waktu yang lama jika dilemari pendingin teksturnya akan sedikit keras).biasanya sarang panyongek ini sering dibuat oleh masyarakat didaerah pangean kabupaten Kuantan singingi.

Berikut ini adalah cara membuat makanan khas dari daerah Kuantan singingi (sarang panyongek)

 Bahan-bahan: 

* kg  tepung beras ketan    
*250 gram gula mera
*3 sendok makan gula pasir
* santan kelapa
*Air secukupnya
*2 lembar daun pandan wangi
*Garam secukupnya            
   
 Cara membuat sarang panyongek:

*Siapkan wadah dan masukkan tepung dengan air,dan kemudian aduk sampai mengental.
*persiapkan alat cetakan,Kemudian tuang adonan tepung tadi kedalam cetakan berbentuk bulat(kira-kira  seperti cetakan untuk membuat kue serabi )
*Kemudian  selanjutnya adonan akan dibakar ( biasanya masyarakat kuansing menggunakan cara tradisional dengan cara membakar ranting pohon ataupun batok kelapa,dan kemudian letakkan cetakan diatas bara api tersebut)
*Tunggu adonan tepung dibakar sekitar  15 menit
*Setelah adonan matang,angkat dan tiriskan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN