Mohon tunggu...
Santi Titik Lestari
Santi Titik Lestari Mohon Tunggu... Menulis itu membebaskan diri kita dari banyak hal dan membawa diri kita ke banyak belahan dunia.

Penulis yang ingin terus berusaha menjadi penulis yang sebenarnya. :D

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

"Day Care" Penting, Orangtua Lebih Penting

14 September 2019   12:13 Diperbarui: 15 September 2019   13:22 0 5 0 Mohon Tunggu...
"Day Care" Penting, Orangtua Lebih Penting
Sumber: yourtherapysource.com

Berbicara mengenai pendidikan sebenarnya tidak melulu berurusan dengan instansi formal yang biasa kita dengungkan dengan istilah sekolah. Banyak orang mengetahui bahwa pendidikan dini seorang anak didapatkan dari lingkungan keluarga.

Namun, tidak banyak orang bisa merealisasikannya dengan kesadaran yang penuh akan pentingnya hal ini. Menurut saya, kesadaran itu penting, mengupayakan lebih penting lagi.

Tidak dimungkiri bahwa ada banyak usaha pemerintah, masyarakat, bahkan keluarga dalam meningkatkan pendidikan anak. Namun, kita tidak bisa menutup mata juga bahwa ada sebagian orangtua yang memang tidak menaruh tanggung jawab penuh akan hal ini.

Tanggung jawab penuh ini tidak hanya terkait masalah ekonomi, yang notabene sering menjadi saingan kepentingan antara "mengejar" pendidikan atau kebutuhan. Namun, kurangnya minat dan tekad untuk mengusahakan yang terbaik bagi pendidikan anak ternyata juga menjadi faktor penyebabnya.

Kesadaran Itu Penting, Mengupayakan Lebih Penting Lagi
Tulisan ini tidak akan membahas tentang kesulitan ekonomi yang berdampak pada pendidikan. Namun, saya lebih menyoroti tentang kesadaran orangtua dalam menaruh minat pada pendidikan dan perkembangan anak.

Di perkotaan, kebanyakan orangtua bekerja penuh waktu, baik ayah maupun ibu, dan jika mereka memiliki anak kecil (balita), biasanya mereka akan berpikir berbagai alternatif supaya anak bisa tetap aman sementara mereka bekerja.

Jika mereka memiliki pembantu, anak masih ada yang menjaga. Bagaimana jika mereka tidak memiliki pembantu dan karena tuntutan kebutuhan atau alasan yang lain, mereka tetap harus bekerja?

Day Care (tempat penitipan anak) menjadi salah satu solusi alternatif yang patut dipertimbangkan orangtua, bahkan sebagian besar menganggap ini solusi terbaik untuk mengatasi kondisi semacam ini.

Saya sebagai seorang ibu, sekaligus juga pekerja, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang harus kita sadari dan upayakan supaya kita bisa tetap bertanggung jawab penuh akan pendidikan anak-anak kita sekalipun mereka ada di tempat penitipan anak.

Kita tidak boleh serta-merta melimpahkan tanggung jawab mendidik anak kepada pihak Day Care atau orang-orang yang kita percaya untuk menjaga anak kita.

1. Mendukung Proses Pendidikan
Mendidik anak menjadi salah satu hal esensi dalam keluarga. Pendidikan ini tidak selalu berarti mengajari anak belajar membaca, menulis, berhitung, menggambar, dan lain-lain. Pendidikan mencakup banyak aspek kehidupan. Bahkan, dalam bertutur, bersikap, berpikir, dan berelasi, di dalamnya ada unsur pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4