Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Awas! Modus Penipuan Dalih Bansos Corona

14 April 2020   13:47 Diperbarui: 14 April 2020   14:00 823 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Awas! Modus Penipuan Dalih Bansos Corona
ilustrasi Waspada Penipuan (Industrycoid)

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya, kiranya artikel ini Penulis bagikan agar Anda-anda lebih berhati-hati lagi dalam situasi kondisi epidemi Coronavirus yang terjadi di Indonesia khususnya wilayah yang menerapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Berdasarkan pengalaman korban. Bahwasanya dalam situasi kondisi sulit seperti sekarang, bahaya masihlah mengincar. Orang-orang jahat masih berkeliaran mencari mangsa dengan menawarkan pertolongan dengan dalih bantuan sosial Corona.

Singkat kata, modus mereka ialah menghampiri warga maupun para Pedagang Kaki Lima (PKL) di suatu tempat dengan dalih menawarkan pertolongan untuk mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Mereka mengimingi bantuan sosial tersebut dengan meminta agar korban menyiapkan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat.

Setelah korban terperdaya dan telah mempersiapkan fotocopy KTP berikut KK, kemudian si penipu ulung dan komplotannya  yang menyaru sebagai pengemudi transportasi umum/online ini akan mengajak korban ke sebuah lokasi dengan dalih untuk mengambil bantuan sosial dimaksud. Setelah sampai di lokasi yang direncanakan, harta korban kemudian dikuras dan komplotan itupun segera kabur.

Mengingat kondisi rawan diatas, mohon agar setiap warga untuk lebih waspada dan berhati-hati dengan iming-iming bantuan sosial Corona yang ditawari oleh orang yang tidak Anda kenal. 

Akan lebih baik bilamana Anda mempertanyakan maupun memang membutuhkan bantuan sosial yang rencana dibagikan oleh pemerintah maka bertanyalah kepada RT maupun RW setempat agar mendapatkan informasi yang akurat.

Apabila Anda-anda melihat modus penipuan ini terjadi, segeralah minta pertolongan kepada warga sekitar maupun menghubungi aparat berwajib agar pelaku dapat ditindak.

Jangan lengah, tingkatkanlah kewaspadaan dan jangan lupa sertakan pula doa selamat kapan dimanapun Anda berada. Semoga informasi ini bermanfaat dan menghindarkan Anda dari bahaya. Demikian artikel Penulis, mohon maaf bilamana ada kekurangan dikarenakan kekurangan milik Penulis pribadi. Terima kasih.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x