Mohon tunggu...
Zahrina Ghassani Diyanda
Zahrina Ghassani Diyanda Mohon Tunggu... Pekerja Swasta -

Indonesian. Writing for fun. Real Estate & Property Enthusiast. French Fries Addict. Half Moenie Half Kitchi. Happiness is a key! :)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Pertama Kali Tinggal di Apartemen? 10 Hal Inilah yang Wajib Anda Ketahui

27 Juli 2017   22:07 Diperbarui: 28 Juli 2017   10:25 11639
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://blog.indiaproperty.com

Seiring dengan berkurangnya ketersediaan jumlah rumah tapak (Landed Housing) disertai pesatnya pembangunan hunian bertingkat (Vertical Housing) di wilayah perkotaan, maka kebutuhan dan permintaan hunian di apartemen pun semakin bertambah. Sehingga pada saat ini, tidak sedikit muncul keberadaaan para penghuni baru apartemen yang rata-rata belum memiliki pengalaman untuk tinggal di hunian bertingkat.

Bagi orang-orang yang sudah bertahun-tahun dan terbiasa tinggal di apartemen, mengetahui berbagai macam peraturan dan sistem yang berada di apartemen adalah hal yang mudah. Namun bagaimana jika anda adalah salah satu orang yang sama sekali belum pernah tinggal di apartemen?

Sebenarnya banyak sekali aspek dalam hunian yang perlu anda kuasai dan pahami apabila anda sudah menetapkan hati untuk tinggal di apartemen. Namun, pada dasarnya terdapat 10 hal yang anda tidak boleh lewatkan ketika anda pertama kali menginjakan kaki di apartemen. Berikut adalah hal-hal basic but essentialyang perlu anda ketahui:

1. Aktif dalam Hal Registrasi Penghuni

Apakah anda termasuk kedalam orang yang sangat malas untuk mengurus administrasi pada saat membeli/menyewa sebuah apartemen? Stop kebiasaan buruk itu! Karena bila anda mulai menjadi penghuni apartemen, identitas dan latar belakang keluarga anda adalah hal yang sangat penting. Tidak sedikit para penghuni yang menyepelekan dan bahkan enggan untuk menulis ataupun memberikan data diri mereka kepada badan pengelola. 

Sebagai informasi bagi badan pengelola dalam melakukan pemantauan para penghuni apartemen, pentingnya ketersediaan informasi anda adalah pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian, kebakaran ataupun force majeure.Contohnya pada saat terjadi kebakaran, maka tim badan pengelola mengetahui unit-unit apartemen mana saja yang berisi anak kecil, dewasa ataupun lansia. Sehingga memudahkan mereka dalam mengevakuasi dan menyelamatkan para penghuni. Namun apa jadinya bila anda lupa untuk melengkapi data diri suami/istri, anak atau bahkan orang tua anda yang ikut tinggal dalam unit anda?


2. Mengetahui Jatuh Tempo Biaya Service Charge & Sinking Fund

Tidak seperti tinggal di rumah tapak, terdapat biaya yang perlu anda bayar jika tinggal di apartemen selain daripada biaya listrik dan air. Biaya tersebut dinamakan "Service Charge" dan "Sinking Fund". Untuk apakah biaya service chargedan sinking fundtersebut? Perbaikan gedung, perawatan, asuransi gedung, keperluan administrasi pengelola gedung, management fee, biaya gaji karyawan yang mengelola apartemen dan biaya operasional lainnya termasuk kedalam komponen biaya service charge.

Sedangkan sinking fund adalah dana cadangan yang dipergunakan untuk biaya perawatan gedung dan area umum. Anda akan mendapatkan jumlah nominal tagihan service chargedan sinking fundsesuai dengan luasan unit apartemen yang anda huni. Jangka waktu penagihan memiliki durasi yang berbeda-beda, dari mulai per-bulan, per-3 bulan atau bahkan pertahun dan wajib anda bayar. Tagihan ini dikirimkan melalui mailbox, e-mail,ataupun sms. Apakah konsekuensinya jika kita tidak membayar service chargedan sinking fund?Jangan berharap anda akan tidur nyenyak jika anda telat membayar service charge,karena pengelola gedung akan memutuskan fasilitas listrik dan air anda.

3. Mengetahui Waktu Masuk-Keluar Barang

Jika anda dengan mudahnya memasukan dan mengeluarkan barang pada saat tinggal di rumah tapak, maka jangan pernah sekalipun anda pindahan rumah ataupun memasukan/mengeluarkan barang di malam hari ke/dari unit anda. Apartemen adalah tempat dimana hunian anda bersinggungan langsung dengan hunian sebelah kanan/kiri dan atas/bawah anda. Hampir semua apartemen menerapkan sistem keluar/masuk barang sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Biasanya jam operasional keluar/masuk barang berada pada pukul 09.00-15.00 di waktu weekenddan 09.00 - 12.00 di hari Sabtu. Jadi, aturlah jam pemindahan barang-barang anda sesuai dengan jadwal yang ditentukan, ya!

4. Tidak Menyimpan Hewan Peliharaan

Bagi anda yang menjadi penyuka garis kerasa para hewan peliharaan, tinggal di apartemen akan menjadi momen tersedih yang akan anda alami. Memiliki hewan peliharaan di dalam unit sangat dilarang dan hampir berlaku di seluruh apartemen. Hal ini untuk menjaga keamanan antar penghuni dan ditakutkan hewan-hewan tersebut akan mengganggu atau bahkan keluar dari hunian anda dan masuk kedalam unit tetangga anda.

5. Tidak Menyimpan Barang di Koridor dan Pakaian di Balkon

Tidak afdol rasanya jika tidak menjemur pakaian di pagar balkon ataupun menyimpan rak/sepatu tepat di depan unit anda berada. Mulailah hilangkan dua kebiasaan tersebut bila anda sudah mulai tinggal di apartemen. Mengapa anda tidak diperkenankan untuk menjemur pakaian di pagar balkon? Karena nilai estetika apartemen anda akan berkurang jika semua orang menjemur pakaian di balkon.

Bagaimana dengan rak sepatu? Pada dasarnya, dari mulai pintu hunian anda kearah luar adalah bagian bersama penghuni apartemen termasuk di antaranya koridor dan tangga emergency. Jadi sebenarnya jika anda menyimpan barang di luar unit, berarti anda telah menyimpan barang di wilayah yang bukan anda saja yang memilikinya. Selain itu, banyaknya barang di luar unit/koridor dapat menghambat proses evakuasi jika terjadi fource majoure.

6. Sampaikan Keluhan/Saran Pada Tempatnya

Apakah anda bingung untuk menanyakan solusi pada saat atap unit anda mengalami kebocoran? Ataukah anda memiliki saran untuk pengelola gedung terkait dengan sistem pengelolaannya? Ingat, sampaikanlah semua hal itu kepada tenant relation.Segala bentuk keluhan ataupun saran anda terkait apartemen yang anda huni, dapat dengan mudah anda berikan kepada mereka seasampainya anda tinggal di apartemen. Selain itu, bila anda tertib menyampaikan keluhan/saran kepada tenant relation,anda akan mudah memantau sejauh mana keluhan/saran anda dikerjakan oleh tim pengelola gedung.

7. Aturan Renovasi

Jika anda terbiasa untuk mengerjakan pekerjaan untuk mendekorasi/renovasi ataupun pekerjaan perbaikan di dalam hunian anda pada waktu yang anda sukai, mulai lah untuk tertib dan mengikuti aturan yang ada di apartemen. Tidak seperti rumah hunian tapak, apabila kita ingin melakukan pekerjaan di dalam hunian semisal cleaning ac,kita harus mengikuti jam kerja yang ada. Hampir seluruh apartemen memberlakukan jam kerja di waktu weekday dari mulai pukul 09.00 - 17.00 ataupun weekend setengah hari di hari Sabtu. Melakukan pekerjaan di dalam unit apartemen dibatasi agar tidak mengganggu para hunian lainnya.

8. Mengetahui Keberadaan Sistem Proteksi Kebakaran Dalam Unit

Bagi anda yang baru pertama kali tinggal di apartemen, anda mungkin belum begitu mengenali keberadaaan sistem pengaman kebakaran yang ada pada unit hunian. Beberapa sistem pengaman kebakaran yang biasa dipasang pada langit-langit unit anda adalah smoke detector(Pendeteksi asap), sprinkler (Pemadam Api), heat detector(Pendeteksi suhu) serta speakeryang berguna jika terdapat pengumuman darurat yang disampaikan oleh pengelola gedung. Oleh karena itu jangan pernah sekalipun menutupi atau merusak sistem proteksi kebakaran pada unit anda.

9. Mengetahui Fungsi Kartu Akses

Layaknya kunci pintu rumah yang hanya bisa dipakai pada satu pintu, fungsi yang sama berlaku pada kartu akses yang akan anda dapatkan ketika mulai menghuni apartemen. Jangan berharap anda bisa berkunjung pada tetangga di lantai selain lantai tempat anda menghuni karena kartu akses pada lift hanya terbuka pada lantai tertentu (Unit anda sendiri dan fasilitas umum). Hal ini berlaku agar penghuni merasa lebih privat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Mengetahui Kondisi Parkir dan Fasilitas Lainnya

Parkir adalah hal yang perlu anda pikirkan jika anda memiliki kendaraan dan menyimpannya di apartemen. Memang tidak semua apartemen menyediakan jumlah lot parkir dengan jumlah hunian yang ada. Pada apartemen tertentu bahkan menerapkan sistem sewa lot parkir, dan ada juga yang memberikan fasilitas parkir untuk menjadi hak milik karena sudah termasuk kedalam fasilitas yang wajib didapatkan para penghuni apartemen pada saat mereka membeli apartemen. Oleh karena itu, carilah info terkait sistem parkir kepada pengelola gedung ataupun pemilik apartemen yang menyewakan unit hunian.

Ke sepuluh hal di atas adalah hal yang perlu anda ingat pertama kali jika anda adalah seorang pemain baru yang menghuni apartemen untuk pertama kalinya. Selamat menghuni apartemen pertama anda!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun