Mohon tunggu...
Samini
Samini Mohon Tunggu... Guru - Guru Pembelajar

Guru yang hobi fotografi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Guru Melek IT, Di Mana Anda?

5 Oktober 2018   08:09 Diperbarui: 5 Oktober 2018   08:41 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

     Perkenalkan nama saya Samini. Dari nama tersebut mungkin rekan-rekan bisa menebak dari mana daerah asal saya. Ya, betul. Saya berasal dari tanah Jawa, tepatnya di Wonosari Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah kabupaten yang sekarang tengah naik daun dengan berbagai obyek wisata alam yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Tapi di sini saya tidak akan membahas tentang obyek wisata Gunungkidul, melainkan ingin berbagi pengalaman mengikuti training guru melek IT di DOGMIT (Diklat Online Guru Melek IT) yang dikomandani oleh Bpk. Sukani yang super sabar dan cepat merespon tugas-tugas  dalam training sehingga training bisa berjalan lancar.

     Pengalaman yang sungguh luar biasa selama beberapa hari ini mengikuti training di DOGMIT, diantaranya yang saya rasakan luar biasa adalah bahwa saya mendapat motivasi untuk mengembangkan diri. Cara Bpk Sukani sebagai fasilitator yang menyelipkan kalimat-kalimat motivasi di setiap tugas yang diberikan, tanpa saya sadari insyaa Allah telah menyemangati diri saya bahwa "saya bisa."

     Dengan selipan-selipan motivasi pada setiap tugas yang diberikan di training ini, fasilitator kemudian telah berfungsi lebih yaitu juga sebagai motivator bagi para peserta training di DOGMIT khususnya. Saya sendiri sebagai guru PNS yang mengajar shift siang dan harus sudah absen pukul 09.00 dan pukul 17.30 baru pulang. Namun alhamdulillah saya bisa mengikuti training ini dengan lancar. Padahal sebelum mengikuti training ini seolah saya sibuk dan tak punya banyak waktu.

     Adapun motivasi  saya mengikuti training guru melek IT ini adalah melihat kenyataan  bahwa perkembangan teknologi informasi sedemikian pesat. Bagai air bah yang susah dibendung, dampak positif dan negatif pun bermunculan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Bukan hanya pada orang dewasa, namun para siswa Sekolah Dasar bahkan siswa TK dan para balita demikian cepat mampu menggunakan gadget-gadget canggih masa kini. Bahkan para ibu-ibu pun bisa belanja online tanpa harus turun dari tempat tidur, dan belanjaan diantar sampai ke pintu rumah.

    Sebagai seorang guru. Dimana kita di era derasnya arus perkembangan teknologi informasi ini? Sudahkah kita melek IT? Seberapa jago kita menggunakan perangkat-perangkat canggih dibanding siswa kita? Pertanyaan-pertanyaan itu mengusik hati saya dan mendorong saya untuk mencari-cari cara meningkatkan kompetensi saya agar saya bisa menjadi guru yang melek IT. Dan alhamdulillah saya dipertemukan dengan DOGMIT ini. Semoga saya tetap istiqomah untuk mengembangkan diri dan memanfaatkannya untuk kemajuan pendidikan, utamanya bagi siswa-siswa saya.

     Bagi anda yang tertantang untuk menjawab pesatnya perkembangan teknologi informasi, maka mengikuti training di DOGMIT ini akan menyadarkan anda bahwa KITA BISA!!!

     Demikian sharing pengalaman saya, jika ada kata yang kurang berkenan mohon kiranya dibukakan pintu maaf. Guru adalah garda terdepan generasi penerus bangsa. Jangan pernah berhenti. Yuk langkahkan kaki untuk terus mengembangkan diri.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun