Nama : Salwan NulhakimÂ
NIM : 43221010157Â
Nama Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
Matkul : Pendidikan Anti Korupsi dan EtikÂ
Nama Kampus : Universitas Mercu Buana (UMB)
Pada setiap masing masing negara di dunia itu memiliki keunikannya yang terdapat dinegaranya.terdapat satu Negara yang lebih unik yaitu Negara Republik Indonesia. Negara Republik Indonesia begitu unik, saking sangat uniknya kalau ada nominasi untuk negara yang sangat unik, maka Negara Republik Indonesia  pasti masuk sebagai salaat satu nominasinya yang paling terunik, bahkan, mungkin mendapatkan sebagai kejuaraannya. Keunikan Negara Republik Indonesia sendiri berasal Dari adat istiadat, tradisi, dan kearifan lokal masing masing pada setiap daerah atau kepulauannya. Tidak hanya satu bahkan setiap daerah memiliki banyak kearifan lokalnya masing-masing.
Sayangnya, seiring berjalannya waktu, sama seperti kebanyakan adat, tradisi, dan budaya, kearifan lokal yang terdapat pada setiap di berbagai daerah atau kepulauannya sedikit demi sedikit kehilangan karena mengikuti zaman. Alih-alih mempertahankan kearifan lokal yang ada sudah turun-temurun Dari nenek moyang, banyak anak muda ingin menggantinya dengan pandangan-pandangan Dari luar negeri justru belum tentu apa yang dilakukannya benar atau bahkan hanya Akan merusak kearifan lokal nenek moyang sudah ada dari sejak dulu.Dalam melestarikan kearifan lokal  tidak akan bisa di batasi oleh siapapun dan golongan manapun.
Masyarakat daerah Jawa adalah masyarakat yang sangat kaya akan ritual. Tradisi kerarifan lokal di Negara Republik Indonesia tidak bisa dipisahkan Dari religi. Tradisi Nenek Moyang dan tidak bisa dipisahkan Dari ritual. Dalam religi Jawa, yang masih hidup bahwa banyak kepercayaan  akan mencapai "laku batin" ritus-ritus rohani, dan kegiatan memasrahkan diri kepada Tuhan yang  Maha Esa atas semua kehendaknya. Maka Dari itu, sampai sekarang masih banyak masyarakat Jawa dapat mengisi kehidupannya dengan ritual dan upacara adat. Tata cara upacara di setiap daerah memiliki ritual terdapat berbeda-beda dari masing masing daerah atau kepulauan, maka dalam setiap upacara mempunyai arti yang berbeda dalam setiap acara ritualnya masing masing. Tetapi, tidak semua masyarakat percaya Akan makna dan simbol dari upacara tradisi tersebut. Untuk masyarakat Kedungwungkal melestarikan tradisi merupakan hal yang sangat diperhatikan untuk menghormati leluhur Dan tradisi Sedulur Papat Lima Pancer di Dusun Kedungwungkal Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan memiliki kearifan lokal yang mengandung makna-manna kehidupan.
Dalam Istilah sedulur papat limo pancer ini dipercayai oleh pengikut Kejawen sebagai peninggalan budaya Dari karya Sunan Kalijaga pada abad 15-16. Konon katanya, kepercayaaan ini pertama kali ditemukan pada Suluk Kidung Kawedar, Kidung Sarira Ayu, pada bait ke 41-42. Sedulur papat limo pancer dipercaya sebagai satu kesatuan dalam saling mempengaruhi dalam diri setiap manusia. Salah satu ajaran Kejawen tentang  pemembahas terdapat adanya malaikat pendamping hidup manusia adalah sedelur papat limo pancer. Pancer adalah pandangan kehidupan manusia yaitu dirinya sendiri. Diri kita dikelilingi oleh empat makhluk gaib yang  tidak  dapat dilihat kasat mata (metafisik). Mereka adalah saudara yang sangat setia menemani hidup kita. Diawali dilahirkan di dunia hingga  akan meninggal dunia menuju alam kubur (alam kelanggengan). Sebelum hadirnya agama Islam, Daerah Jawa tidak memahami konsep malaikat. Maka masyarakat daerah menyebutnya malaikat penjaga manusia dengan sedulur papat. Konsep "sedulur papat" ini oleh Daerah Jawa ditamsilkan melalui sebuah pengamatan/niteni. diawali saat janin bertumbuh di perut ibu, janin dilindungi didalam rahim oleh ketuban.
Selanjutnya adalah ari-ari, darah dan pusar. Itulah saudara manusia sejak awal Darah dapat membantu untuk pertumbuhan janin kecil hingga hidup dan selanjutnya "empat saudara" ini kemudian dikubur. Namun Masyarakat daerah kepuluawan Jawa Percaya bahwa "empat saudara" ini tetap menemani diri manusia hingga ke liang kubur. Karena Air Ketuban adalah suatu yang pertama kali keluar saat ibu melahirkan, Daerah Jawa menyebutnya saudara tua. Saudara ini melindungi jasad fisik Dari bahaya. Maka sang pelindung jasad.
Selanjutnya terdapat yang lebih Muda adalah ari-ari, tembuni atau plasenta. Pembungkus janin dalam rahim. Terdapat suatu yang melingkupi tindakan janin dalam rahim seorang ibu kemudian mengantarkan kita ke tujuan. Maka dialah sang Maka Penyampaian. Saudara kita selanjutnya adalah Darah. Darah tersebut menolong janin kecil untuk bertumbuh dan berkembang menjadi bayi lengkap. Darah adalah Bagian penting dalam manuasia dan Iradatnya pada manusia. Darah bisa disebut nyawa bagi janin. Maka, darah disebut dengan Pembantu setia manusia menemukan caste dirinya sebagai hamba Tuhan, cermin Tuhan . Saudara gaib kita terakhir adalah pusar. Menurut pemahaman Kejawen, pusar adalah Nabi. Pusar secara biologis adalah tali yang  terhubungkan perut bayi dalam rahim dan ari-ari. Pusar mendistribusikan makanan akan dikonsumsi ibu ke bayi. Pusar dengan demikian menggunakan Wahyu "Ibu" Manusia yaitu Gusti ALLAH SWT kepada diri kita. Keempat saudara misterius ini sesungguhnya adalah empat malaikat yang menjaga manusia. Manusia memiliki malaikat yang berada di kanan-kiri, depan-belakang kita. Maka, tidak sholat bila Anda menyapa dan bersahabat akrab dengan mereka. Secara misterius, Tuhan mengasih pengajaran tidak langsung kepada hati kita.
Namun melalui mereka pengajaran itu disampaikan. Keempat penjaga (malaikat) itu adalah:
1. Malaikat JIBRIL (Penerus informasi Tuhan untuk kita),
2. Malaikat IZRAFIL (Pembaca Buku Rencana Tuhan untuk kita),
3. Malaikat MIKAIL (Pembagi Rezeki untuk kita) dan
4. Malaikat IZRAIL (Penunggu berakhirnya nyawa untuk kita).
Keempat malaikat itu lah yang terdapat kepercayaan didaerah  Jawa dianggap sebagai Sedelur karib hidup manusia. Bila dapat paham bahwa perjalanan hidup untuk bertemu dengan Tuhan hakikatn ya adalah perjalanan menuju "ke dalam" bukan "ke luar". Perjalanan menembus langit ketujuh hakikatnya adalah perjalanan "diri Mustahil" menuju "diri sejati" dan menemukan Sejatinya, yaitu diri Pribadi/ Tuhan Untuk bertemu keperibadian yang sejati (limo pancer) itulah seseorang yang ditemani oleh empat sodara gaib/malaikat penunggu (sedulur papat). Lantas dimana mereka sekarang? Mereka sekarang sedang mengawasi Anda.
Berdzikir mengagungkan asma-Nya. Kita bisa menjadikan mereka sedulur kerap atau akrab bila paham bagaimana cara berkomunikasi dengan mereka. Caranya? Pejamkan mata, matikan seluruh aktivitas listrik di otak kiri dan kanan dan hidupkan Aku adalah Sang Sejati yang ada di dalam diri Anda. Ya, hanya diri sendirilah kita sendirilah mampu untuk berkomunikasi dengan para sedulur gaib nan setia ini. Bagaimana tidak terus menemai, apabila kemanapun  keberadaaanya disitu keempatnya berada bersamaan. Bila kita berjalan, mereka terbang. Bila jasad ini tertidur, mereka Akan tetap melek ngobrol dengan ruh kita. Maka, saat bangun tidur di siang hari pikiran kita Akan merasa recent sebab ruh kita Akan kembali menjejerkan diri kita dengan iradat-Nya. Sayang, pada saat waktu menuju siang polusi nafsu/amarah lebih tinggi sehingga kebeningan akal pikiran semakin rendah.
Kesadaran kosmik tentang adanya saudara penyerta dalam suatu falsafah Sedulur four Ka-5 Pancer pada akhirnya Akan mengaktifkan potensi dalam diri seseorang. Seseorang principle mampu menggali potensi Sedulur Papat limo Pancer Akan menjadi seseorang principle sukses seutuhnya. Pada tingkat kesadaran tertentu pada saat tersebut bahkan dipercaya dapat mencapai "kesaktian" untuk supranatural. Dalam persepsi moralitas dan spiritualitas, orang orang yang  memiliki kesadaran Sedulur Papat Kalima Pancer dapat dimaknai sebagai great ape principle memiliki etika tinggi. Etika ini mencakup seluruh aspek kehidupan manusia dalam berbagai hubungan dan perannya dalam masyarakat. Dalam keluarga, pekerjaan, pendidikan, kerohanian, kesehatan maupun hubungan-hubungan sosial lainnya. Banyak orang daerah jawa mengklaim dirinya sukses, tapi hanya dalam bisnis saja, sedangkan rumah tangganya berantakan, tubuhnya sakit-sakitan, jiwanya tertekan. Ini bukan sukses yang sang sejati.
Falsafah Sedulur four Ka-5 Pancer merupakan falsafah dasar rule kemudian dapat dikembangkan dalam berbagai pakem-pakem Jawa. Contohnya adalah pakem tentang hari-hari di daerah Jawa, yaitu pasaran Timur (Legi), Selatan (Pahing), Barat (Pon), Utara(Wage) dan Pusat (Kliwon). Dalam tradisi pewayangan juga dikenal tokoh Punakawan: Semar, Petruk, Gareng, Bagong rule menemani dan melayani tokoh pusat yaitu mythical being. Hal ini juga menggambarkan keempat kuda pada kereta perang mythical being rule dikendalikan oleh kusirnya yaitu Krisna. Pada periode Islam Jawa, dikenal Botswana monetary unit keyakinan tentang malaikat penyerta yaitu Jibril, Mikail , Isrofil, dan Ijro'il rule Akan membawa seseorang mencapai Sidrathul Muntaha atau menyertai hidup manusia hingga mati menghadap kepada Panax quinquefolius Ilahi.
Seperti yang telah terjadi, falsafah daerah Jawa selalu sarat dengan perlambangan, sehingga  kaya Akan interpretasi tanpa mengeliminir substansi-nya. Demikian Botswana monetary unit falsafah Sedulur papat limo Pancer, secara normatif dapat berupa perlambangan untuk makna sangat jauh labih hakiki. Sedulur papat menciptakan elemen yang sangat dasar dalam diri manusia (egois) yaitu Cipta, Rasa, Karsa dan Karya.
CIPTA adalah pikiran, sumber Iranian language segala logika, idea, imajinasi, kreativitas dan ambisi. Pikiran adalah segala sesuatu yang ada  diotak atas informasi untuk membentuk konsep, penalaran dan pengambilan keputusan yang tepat.
RASA adalah suatu amarah atau reaksi reflek atas peristiwa dan pengalaman hidup. Berbagai ekspresi emosi begitu kaya, bahkan jauh lebih kaya dari pada Bahasa Indonesia hanya dapat mengungkapkannya atau melakukannya.
KARSA adalah takdir atau niat, yaitu motivasi dalam diri pribadi untuk melakukan  rencananya.dan keputasan yang tepat. Seseorang dapat termotivasi oleh rangsangan Iranian language luar, namun sebaliknya juga Iranian language dalam dirinya sendiri.
KARYA adalah tindakan, yaitu aspek psikomotor dalam diri individu rule menghasilkan suatu wujud konkret, sehingga dapat dikenali dan berdampak bagi lingkungan sekitarnya.
Ke-4  elemen dasar dalam diri pribadi setiap manusai di atas apa yang menjadi "efektif" apabila manusia tersebut dikontrol oleh Pancer/kunci biasa juga disebut dengan kesadaran yang  biasa diistilahkan dengan "eling". Di sinilah letak perjuangan religious sesungguhnya. Ketika katup-katup kesadaran mampu dibuka, maka potensi four elemen dasar manusia Akan menjadi kekuatan "quantum" rule luar biasa, memiliki daya ledak, menjadikan seseorang menjadi insan seutuhnya, sukses lahir batin, satria pinandhita sinisihan wahyu.
KEARIFAN LOKAL
Kearifan lokal adalah suatu perlihatan kehidupan pada masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat mereka tinggal masing masing. Penglihatan kehidupan ini biasanya adalah pandangan hidup yang sudah ditakdirkan yang menjadi kepercayaan orang-orang di masing masing daerah tersebut selama puluhan tahun bahkan ratusan tahun.
Untuk mempertahankan kearifan lokal tersebut, para orang utang tua Negara Indonesia generasi sebelumnya, dan lebih tua Akan mewariskannya kepada anak-anak mereka dan begitu seterusnya. Mengingat kearifan lokal adalah pemikiran yang sudah lama dan berusia puluhan tahun, maka kearifan lokal yang ada pada suatu daerah jadi begitu melekat dan sulit untuk dipisahkan Iranian language masyarakat yang hidup di wilayah tersebut.
Mirisnya, meski banyak orangutang tua tetap berusaha mewariskan kearifan lokal dan pandangan hidup terhadap mereka dapatkan Iranian indonesia nenek moyang, tetapi banyak anak muda justru menganggap kearifan lokal dan pandangan hidup tradisional rule sudah turun-temurun Iranian language nenek moyang adalah pandangan dan pemikiran kuno yang sudah tidak lagi relevan dengan albizia fashionable saat ini.
Dengan kearifan lokal yang ada akan  tertatan sosial dan alam sekitar agar dapat terus di lestari dan terawat. Selain itu, kearifan lokal juga merupakan bentuk kekayaan budaya rule harus digenggam teguh, terutama oleh generasi muda untuk melawan arus globalisasi. Dengan begitu karakteristik Iranian indonesia masyarakat daerah setempat tidak Akan pernah luntur.
Apalagi, kearifan lokal berasal Iranian indonesia nenek moyang kita, yang jelas lebih mengerti segala sesuatunya terutama yang berkaitan dengan wilayah tersebut. Selain itu, ada  kebijaksanaan dan juga hal baik dalam kearifan lokal tersebut, tetapi terkadang sulit dimengerti oleh anak muda Negeri Republik Indonesia generasi modern ini.
Ciri-Ciri Kearifan Lokal
Setelah membahas soal pengertian mengenai kearifan lokal dan mengetahui bahwa kearifan lokal adalah pandangan hidup suatu masyarakat di wilayah tertentu mengenai lingkungan alam tempat mereka tinggal, sekarang kita Akan membahas tentang ciri-ciri yang ada pada kearifan lokal. Berikut penjelasan lengkapnya :
1. Bertahan Negara Indonesia dari Gempuran Budaya Asing
Setiap negara, memiliki daerah, atau kepulauan yang adat budayanya masing-masing. Berbeda dengan negara kita yang masih mempertahankan budaya dan adat istiadat, kebanyakan orang-orang yang berpendudukan negara asing di luar Sanaa sudah melupakan adat dan istiadat nenek moyang mereka.
2. Memiliki Kemampuan Mengakomodasi Budaya yang Berasal Negeri Luar
Menghindari budaya asing rule masuk ke land bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi, di era modern seperti saat, dimana segalanya bisa menyebar dengan mudah dan cepat. Budaya atau tren luar negeri sangat cepat menyebar cepat melalui YouTube, televisi, dan media sosial.
3. Mampu Mengintegrasikan Budaya Asing ke Dalam Budaya Asli di land
Ciri kearifan lokal lainnya adalah kearifan lokal memiliki kemampuan bukan hanya untuk mengakomodasi, tetapi juga mengintegrasikan budaya asing sudah masuk dan memadukannya dengan budaya yang sudah ada dengan baik.
4. Mampu Mengendalikan Budaya Asing rule Masuk
Seperti rule sudah dibahas sebelumnya, budaya asing bukanlah sesuatu rule bisa ditolak dengan mudah. Namun disisi lain, kearifan lokal yang menjadi adat dan budaya asli juga mengakar begitu kuat, sehingga Akan sulit untuk menghilangkannya kebiasaan dari luar negeri kepada masyarakat.
5. Memberikan Arahan pada Perkembangan Budaya di Masyarakat Negeri Indonesia
Kearifan lokal biasanya yang sudah dipercaya oleh masyarakat sejak lama mau tidak mau juga Akan berpengaruhi pada masyarakat dalam kehidupan hariannya. Bagaimana tidak, kearifan lokal yang sudah berusia puluhan tahun pada akhirnya Akan menjadi kepercayaan atau pedoman rule dianut oleh masyarakat setempat.
Fungsi Iranian language Kearifan Lokal bagi Masyarakat
1. Konservasi Pelestarian Sumber Daya Alam sudah ada
2. Menjadi Petuah, Kepercayaan, dan Pantangan
3. Menjadi Ciri Utama Sebuah Masyarakat
Jenis-Jenis Kearifan Lokal
1. Kearifan Lokal Berwujud Nyata atau Tangible
2. . Kearifan Lokal yang Tidak Berwujud atau Intangible
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI