Mohon tunggu...
Salwaa Febriyanti
Salwaa Febriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jurusan Studi Agama

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Sekolah Kembali Dibuka, Berikut 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghadapinya

20 Desember 2020   03:15 Diperbarui: 20 Desember 2020   05:11 92 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekolah Kembali Dibuka, Berikut 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menghadapinya
www.pexels.com

Kasus Covid-19 masih jadi perbincangan hangat sampai saat ini. Bahkan angka yang aktif positif dan dirawat di Rumah Sakit berjumlah 97.139. Namun hal ini tidak mencegah langkah Kemendikbud untuk kembali membuka sekolah di tahun ajaran baru 2021.

Hal ini dilakukan karena banyaknya pengajuan dari Pemerintah Daerah-daerah kepada pihak Pemerintah untuk segera mengadakan KBM tatap muka dan kekhawatiran juga ketakutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pak Nadiem Anwar Makarim perihal tekanan ataupun resiko psikososial yang menimpa anak-anak menjadi permanen. Oleh sebab itu Pak Nadiem Makarim meminta hal ini harus segera ditindaklanjuti, walaupun melalui proses yang panjang seperti checklist dan perizinannya. 

Berikut 5 hal yang perlu dipersiapkan, sebelum memasuki sekolah di tahun ajaran baru 2021, diantaranya:

1. Edukasi kepada Guru, Orang Tua, dan Anak-anak

www.pexels.com
www.pexels.com

Edukasi ini merupakan langkah awal, terpenting, dan utama sebelum melalui KBM tatap muka. Jika tidak melakukan edukasi tersebut, maka rencana yang sudah dibuat sedemikian terencana oleh Pemerintah kemungkinan akan sia-sia. Edukasi tersebut bisa berupa pembekalan akan wajibnya mengenakan masker, aturan menjaga jarak, etika cara batuk/ bersin yang baik dan seterusnya.

2. Tetap Menjaga Kesehatan Imun Tubuh

www.pexels.com
www.pexels.com

Menjaga kesehatan imun tubuh dapat dilakukan dengan makan makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, rajin berolahraga (sebaiknya dilakukan dirumah), dan pemberian Vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Catatan jika dirasa badan anak tidak enak, maka jangan paksakan diri untuk masuk sekolah. Langkah yang sebaiknya dilakukan adalah beristirahat dirumah dan lakukan isolasi mandiri.

3. Siapkan Masker, Handsinitizer, dan Peralatan Pribadi Lainnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x